Kompas TV nasional sapa indonesia

Bea Cukai Bandara Juanda Sita Puluhan Unit iPhone 11 Bermodus Jastip

Kompas.tv - 11 Oktober 2019, 17:05 WIB

Dalam kurun waktu 2 pekan 84 handphone jenis iPhone 11 dan puluhan botol minuman keras import disita dari sejumlah penumpang pesawat di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Juanda, Sidoarjo.

Total harga puluhan ponsel dari Apple itu diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar dan rata-rata dibawa penumpang pesawat penerbangan internasional yang datang dari Singapura dan HongKong. Upaya untuk membawa iPhone 11 ini dilakukan dengan berbagai cara.

Mulai dari membawa iPhone dimasukkan dalam saku jaket dan celana hingga memisahkan iPhone dan kotak pembungkus di dalam tas yang berbeda. Dari total 84 iPhone 11 tersebut kini sudah menyisakan sebanyak 76 unit saja sebab penumpang diperbolehkan membawa maksimal 2 unit setelah membayar pajak.

Penyitaan iPhone 11 ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan tentang ketentuan ekspor dan impor barang yang dibawa penumpang dan awak sarana pengangkut. Barang yang dimaksud adalah seperti telepon selular, laptop dan komputer tablet. Dan penumpang hanya diperbolehkan membawa barang-barang tersebut paling banyak 2 unit setelah pembayaran pajak. Sementara membawa lebih dari 2 unit barang elektronik ini hanya bisa dilakukan oleh perusahaan importir.

#BeaCukai #JasaTitip #Iphone



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.