HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional aiman

Pendemo Jadi-Jadian Menyamar Jadi Anak Smk? - AIMAN

Kamis, 10 Oktober 2019 | 18:00 WIB

Tiga aksi unjuk rasa pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terjadi masif pekan lalu. Bermula pada ikutnya sejumlah pelajar ini pada aksi mahasiswa yang menolak pengesahan rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) pada 24 September silam. Namun unjuk rasa yang semula tertib, jelang malam berubah menjadi aksi lempar dan bakar, serta rusuh di sekeliling gedung parlemen.

Gabungan pelajar SMK kembali menggelar aksi serupa, tepat sehari setelahnya. Mereka menggelar aksi di sekeliling gedung DPR. Namun sekali lagi, aksi berujung ricuh. Sejumlah fasilitas umum bahkan dirusak dan dibakar. Kerusuhan pun pecah malam hingga dini hari.

Tak henti disitu, para pelajar ini juga menjalankan aksi unjuk rasa kembali pada 30 September. Mereka berkumpul sejak siang hari, namun hingga malam mereka tak juga membubarkan diri. Sebaliknya, massa melawan hingga kerusuhan tak terhindarkan. Massa pelajar juga membakar pos polisi hingga menguasai mobil taktis polisi. Belakangan juga beredar informasi polisi menangkap sebagian massa yang ternyata bukan siswa. Dua buah video viral beredar, yang menyebut bahwa mereka mengaku mendapat bayaran untuk melakukan aksi ricuh di sejumlah tempat.

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono EKSKLUSIF menelusuri keberadaan massa pelaku demo yang merupakan "Pelajar Jadi-Jadian". Aiman juga mewawancarai eksklusif sang sosok "jadi-jadian. Saksikan program AIMAN episode “Misteri Pendemo Jadi-jadian” bagian pertama berikut ini.

#AIMAN #DemoMahasiswa #DemoSTM

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
13:56
FEDERASI BURUH LINTAS PABRIK MINTA PEMERINTAH BANGUN KAWASAN INDUSTRI YANG TERINTEGRASI KEBUTUHAN PRAKERJA   BAWASLU INGATKAN ASN YANG MENCALONKAN DIRI SEBAGAI KEPALA DAERAH HARUS MUNDUR DARI JABATANNYA   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS PERINTAHKAN JAJARANNYA BERTINDAK TEGAS TERHADAP BANDAR NARKOBA   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS MENYATAKAN JAJARANNYA TELAH MENYITA 6,9 TON NARKOBA SEJAK AWAL JANUARI 2020   KEMENSOS: BANSOS TUNAI DI LUAR JABODETABEK DILANJUTKAN HINGGA DESEMBER 2020 SENILAI RP 300.000 PER BULAN   KEMENSOS: BANSOS BAHAN POKOK DI JABODETABEK DILANJUTKAN HINGGA DESEMBER 2020 SENILAI RP 300.000 PER BULAN   PEMPROV DKI BERLAKUKAN GANJIL-GENAP UNTUK TOKO YANG AKAN DIBUKA PADA FASE PERTAMA MASA TRANSISI PSBB   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS TEGASKAN PSBB PROPORSIONAL BUKAN BERARTI EUFORIA AKTIVITAS KEMBALI BEBAS   MASIH ZONA MERAH, 25 RW DI KOTA DEPOK BELUM BISA MEMASUKI PSBB PROPORSIONAL   PEMERINTAH MENYATAKAN PEMBUKAAN 9 SEKTOR EKONOMI HANYA BERLAKU BAGI DAERAH YANG BERSTATUS ZONA HIJAU   MUI MINTA JEMAAH GUNAKAN MASKER, MEMBAWA SAJADAH, BERWUDU DARI RUMAH, DAN MENJAGA JARAK   MUI TELAH MENETAPKAN FATWA PELAKSANAAN SHALAT JUMAT SELAMA MASA PSBB TRANSISI   MUI DKI MEMPERBOLEHKAN UMAT MUSLIM SHALAT JUMAT DI MASJID DALAM DUA GELOMBANG DI TENGAH PANDEMI   JAGA STABILITAS FINANSIAL DI MASA PANDEMI BERSAMA M ANDOKO. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID