Kompas TV nasional aiman

Pendemo Jadi-Jadian Menyamar Jadi Anak Smk? - AIMAN

Kompas.tv - 10 Oktober 2019, 18:00 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Tiga aksi unjuk rasa pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terjadi masif pekan lalu. Bermula pada ikutnya sejumlah pelajar ini pada aksi mahasiswa yang menolak pengesahan rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) pada 24 September silam. Namun unjuk rasa yang semula tertib, jelang malam berubah menjadi aksi lempar dan bakar, serta rusuh di sekeliling gedung parlemen.

Gabungan pelajar SMK kembali menggelar aksi serupa, tepat sehari setelahnya. Mereka menggelar aksi di sekeliling gedung DPR. Namun sekali lagi, aksi berujung ricuh. Sejumlah fasilitas umum bahkan dirusak dan dibakar. Kerusuhan pun pecah malam hingga dini hari.

Tak henti disitu, para pelajar ini juga menjalankan aksi unjuk rasa kembali pada 30 September. Mereka berkumpul sejak siang hari, namun hingga malam mereka tak juga membubarkan diri. Sebaliknya, massa melawan hingga kerusuhan tak terhindarkan. Massa pelajar juga membakar pos polisi hingga menguasai mobil taktis polisi. Belakangan juga beredar informasi polisi menangkap sebagian massa yang ternyata bukan siswa. Dua buah video viral beredar, yang menyebut bahwa mereka mengaku mendapat bayaran untuk melakukan aksi ricuh di sejumlah tempat.

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono EKSKLUSIF menelusuri keberadaan massa pelaku demo yang merupakan "Pelajar Jadi-Jadian". Aiman juga mewawancarai eksklusif sang sosok "jadi-jadian. Saksikan program AIMAN episode “Misteri Pendemo Jadi-jadian” bagian pertama berikut ini.

#AIMAN #DemoMahasiswa #DemoSTM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x