Kompas TV video cerita indonesia

Slurppp... Mencicipi Es Pisang Ijo Kuah Kopi

Kompas.tv - 9 Oktober 2019, 15:01 WIB
Penulis : Desy Hartini

Es pisang ijo merupakan penganan khas Sulawesi Selatan yang sudah ternama ke seluruh penjuru negeri karena kelezatannya. Namun di Surabaya, Jawa Timur, ada es pisang ijo dengan sedikit modifikasi, yaitu pisang ijo kuah kopi.

Bahan dasarnya, pisang berbalut adonan hijau dipotong-potong terlebih dahulu. Lalu ditambahkan agar-agar dan vla yang sudah diproses sebelumnya. Kemudian, masukkan es batu agar penganan lebih segar. Bedanya, cairan kopi yang telah diolah sedemikian rupa berbentuk kental dicampurkan dengan bahan-bahan lain. Terakhir, susu kental manis agar es pisang ijo terasa lebih enak.

Ide pembuatan es pisang ijo kuah kopi berasal dari sang pemilik, Muhammad Ifit yang dulunya pernah bekerja di kedai kopi. Jadilah ia bereksperimen menciptakan es pisang ijo dengan kopi.

Sudah setahun berjualan es pisang ijo kopi, kini sudah memiliki pelanggan setia. Kebanyakan adalah mahasiswa yang berkuliah di kampus dekat ia berjualan. Namun bukan mahasiswa saja, warga sekitar pun kerap membeli es pisang ijo kopi ini.

Selain kopi, nantinya sang pemilik ingin mengembangkan pisang ijo dengan beraneka ragam rasa lain agar lebih bervariatif.

#EsPisangIjo #PisangIjoKopi #Surabaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.