Kompas TV video cerita indonesia

Keren! Inilah Pot Bunga dari Limbah Kain Bekas

Kompas.tv - 8 Oktober 2019, 16:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

Tahukah Anda kalau pot-pot tanaman ini berasal dari kain bekas tidak terpakai lagi? Namanya Sentot. Pencipta pot-pot tanaman ini merupakan warga Desa Sepande, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur.

Sentot yang merupakan anggota bank sampah di wilayahnya terinspirasi dari banyaknya kain tidak terpakai yang dibuang oleh warga. Setiap hari, ia mampu membuat 15 hinga 20 pot hasil olahan kain bekas dan semen.

Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. kain bekas yang dicampurkan ke dalam adukan semen dan pasir, kemudian dijemur di atas tatakan kayu untuk dibentuk dan diberi motif. Setelah dikeringkan, lalu masuk tahap akhir untuk pewarnaan.

Pot hasil olahan sampah kain bekas ini dijual dengan harga Rp 15 Ribu untuk ukuran kecil dan Rp 50 Ribu untuk yang berukuran besar.

Dalam pemasarannya, penjualan pot tanaman hasil olahan limbah kain bekas milik Pak Sentot masih mengandalkan media sosial. Tak heran, hasil kreasinya diminati oleh warga dari daerah lain, seperti Probolinggo, Lamongan, Pasuruan, Bbahkan Kota Surabaya.

#PotLimbah #LimbahKain #KainBekas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.