HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Hentikan Sementara Angkut Pengungsi Keluar Wamena, TNI Sebut Kondisi Membaik

Minggu, 6 Oktober 2019 | 18:50 WIB

Komandan Pangkalan Udara Silas Papare Jayapura Marsekal Pertama Tri Bowo Budi Santoso mengatakan penghentian dilakukan karena hari ini tidak ada lagi pengungsi yang berangkat dari Wamena. TNI AU juga mengatakan akan memfasilitasi jika ada pengungsi ingin kembali dari Jayapura ke Wamena.

Sementara TNI memastikan kondisi keamanan di Ilaga, Kabupaten Puncak dan Wamena, Kabupaten Jayawijaya sudah membaik. Menurut rencana kegiatan belajar mengajar di daerah itu juga akan mulai berjalan Senin (7/10/2019) besok. Kepastian soal kondisi keamanan yang membaik di Wamena dan Ilaga ini disampaikan oleh Komandan Brigif 20 Ima Jaya Keramo Divisi 3 Kostrad Kolonel Charles Binsar Parulian Sagala.

Meski keamanan di Wamena sudah dikatakan aman oleh polisi dan TNI ribuan pengungsi yang ditampung di posko pengungsian di Jayapura, Papua tetap meminta pemerintah memfasilitasi mereka untuk pulang ke kampung halamannya. Para pengungsi menunggu untuk pulang menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara sementara pengungsi lainnya akan pulang menggunakan kapal Pelni.

Sementara itu sekitar 150 warga asal Wamena, Papua yang sempat mengungsi akibat kerusuhan tiba di Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Kedatangan mereka difasilitasi pemerintah melalui Dinas Sosial Toraja Utara para pengungsi ini diantar langsung oleh Tim Tagana Dinas Sosial menuju rumah masing-masing. Dinas Sosial Toraja Utara akan mendampingi korban dengan memberikan pemulihan kondisi dari rasa trauma dan menjamin pengungsi yang juga pelajar bisa melanjutkan pendidikan di Toraja Utara.

#Pengungsi #Wamena #TNI

Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:08
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   KOMNAS HAM MINTA PRESIDEN DAN DPR TUNDA PENGESAHAN RKUHP   KANWIL KEMENKUMHAM BALI SIAPKAN BLOK KHUSUS UNTUK NARAPIDANA BERSTATUS POSITIF KORONA   KEMENTERIAN LUAR NEGERI ALOKASIKAN RP 110 MILIAR UNTUK PENANGANAN VIRUS KORONA   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO TERBITKAN SE LARANGAN MUDIK BAGI ASN DAN KELUARGA   KEMENDIKBUD MENDATA 40.081 SENIMAN TERDAMPAK PANDEMI VIRUS KORONA   IKATAN DOKTER NDONESIA INVESTIGASI MENINGGALNYA PETUGAS MEDIS TANGANI KORONA   PEMKAB BANTUL, YOGYAKARTA, SIAPKAN RUMAH ISOLASI WARGA YANG MUDIK DARI LUAR DAERAH   KETUA DPR: PEMERINTAH PERLU MILIKI DATABASE TERKAIT RUMAH SAKIT YANG TENAGA KESEHATANNYA MEMERLUKAN APD   MENLU SEBUT 907 WNI PESERTA JAMAAH TABLIGH BERADA DI LUAR NEGERI, PALING BANYAK DI INDIA   MENSOS: WARGA MISKIN DI JABODETABEK DAPAT PAKET SEMBAKO BUKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI   MUI: JIKA PANDEMI VIRUS KORONA MASIH TAK TERKENDALI, SHALAT IDUL FITRI DITIADAKAN   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN KORONA SERAHKAN 7.000 APD KE DOKTER GIGI DAN SPESIALIS THT