Kompas TV klik360 news vlog

Yuk Lihat Batik Hasil Karya Teman Difabel di Rumah Batik Palbatu

Kamis, 3 Oktober 2019 | 14:30 WIB

Hari Batik Nasional selalu diperingati setiap 2 Oktober. Penetapan Hari Batik ini berdasarkan penetapan UNESCO 2 Oktober 2019. UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan budaya lisan dan non bendawi milik Indonesia.

Dengan bertujuan untuk mengenalkan batik kepada masyarakat luas. Pak Hari adalah satu dari dua orang pendiri Rumah Batik Palbatu yang berada di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Berawal dari keinginan untuk mengedukasi warga sekitar hingga mencakup mancanegara, Hari dan Iwan memperkenalkan batik kepada warga sekitar hingga memiliki rumah yang diberi namaRumah Batik Palbatu.

Tidak memandang sebelah mata, walaupun memiliki kekurangan mereka tak ingin menyerah. Teman-teman difabel juga merupakan orang-orang yang berkontribusi di Rumah Batik Palbatu. Karya yang dihasilkan tidak kalah dengan karya dari pembatik yang lain.

Para difabel membuat batik dengan teknik tulis maupun cap. Mereka mengaplikasikan apa yang mereka lihat, rasakan, dan ingin diceritakan dengan media komunikasi kain Batik. Berbagai macam motif batik, seperti motif Jakarta, bunga, buah, betawi, bahkan Asian Para Games mereka aplikasikan ke dalam kain batik.

Batik merupakan warisan dari nenek moyang bangsa dankebudayaan yang bahkan sudah diakui oleh UNESCO. Motif yang beragam akan menciptakan keindahan layaknya budaya Indonesia yang beraneka ragam.

#Batik #Difabel #BatikKaryaDifabel

Penulis : Haris Mahardiansyah | Editor : Desy Hartini




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:41
PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON RESMI JADI TUAN RUMAH KONFERENSI VIRTUAL BANTUAN UNTUK LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   DIRLANTAS POLDA METRO JAYA: PELANGGAR GANJIL-GENAP DI DKI JAKARTA DITILANG MULAI SENIN, 10 AGUSTUS 2020   KORBAN DARI TERSANGKA KASUS "FETISH" KAIN JARIK INGIN PEMERINTAH SEGERA MELAKUKAN PEMBAHASAN & PENGESAHAN RUU PKS   SEKJEN PDI-P HASTO KRISTIYANTO: PILKADA 2020 AKAN JADI STIMULUS PENGGERAK DI TENGAH LESUNYA PEREKONOMIAN   INDIKATOR POLITIK INDONESIA MINTA PENYELENGGARA PEMILU AWASI CALON PETAHANA SOAL PEMBERIAN BANSOS SELAMA PANDEMI   KEMDIKBUD MEMINTA SEKOLAH TERAPKAN KURIKULUM YANG SAMA BAGI SISWA BELAJAR DI RUMAH DAN DI SEKOLAH   FSGI: KEBIJAKAN PEMERINTAH IZINKAN SEKOLAH TATAP MUKA DI WILAYAH ZONA KUNING BERPOTENSI JADI KLASTER BARU KORONA   SATGAS COVID-19 JAWA TIMUR AKAN TUNGGU WILAYAH MENJADI ZONA HIJAU SEBELUM MEMBUKA SEKOLAH TATAP MUKA   KEPALA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO BERHARAP PIHAK TERKAIT PILIH ORANG YANG TEPAT UNTUK EDUKASI & SOSIALISASI MASKER   KEPALA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT ANGKA KESADARAN MENGGUNAKAN MASKER DI INDONESIA MASIH RENDAH   KABUPATEN KULON PROGO, YOGYAKARTA MENCATAT KASUS KEMATIAN PERTAMA AKIBAT KORONA   PENGADILAN NEGERI SURABAYA TUTUP PELAYANAN SELAMA DUA PEKAN SETELAH TUJUH ASN POSITIF KORONA   GUBERNUR SUMSEL: SEMUA PASIEN KONTAK ERAT & KASUS SUSPEK AKAN MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI RUMAH MASING-MASING   GUBERNUR SUMSEL: MULAI 31 AGUSTUS 2020, WISMA ATLET JAKABARING PALEMBANG TAK LAGI RAWAT PASIEN KORONA