HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Pantauan Pasar, Rupiah Digilas Dollar AS dan Demonstrasi

Rabu, 2 Oktober 2019 | 12:50 WIB

Demo mahasiswa yang masih berlangsung hingga Selasa (1/10), memberi sentimen negatif bagi nilai tukar Rupiah. Tapi ternyata, rupiah keok di tengah Dollar AS yang terus menguat. Ekonom mengatakan Dollar AS menguat karena tersokong proyeksi data manufaktur purchasing manager indeks (PMI) AS yang naik ke 51,0 lebih tinggi dari proyeksi pasar di 50,3 untuk periode September.

Selain itu, Dollar AS juga semakin menguat karena pertumbuhan ekonomi negara maju lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi AS, terutama Jerman. Hal ini Dollar AS dalam beberapa hari terakhir terapreasiasi. Dollar AS juga semakin diburu sebagai aset safe haven di tengah makin tingginya risiko resesi global.

Sementara, di saat yang sama persoalan demo di dalam negeri yang masih berlangsung menghambat aliran dana asing masuk untuk menyokong rupiah menguat. Padahal, Ekonom mengatakan dengan penurunan suku bunga The Fed membuat spread yield US Treasury dan Surat Utang Negara (SUN) makin lebar dan bisa menjadi pendorong utama capital inflow.

Penulis : Idham Saputra | Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:56
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB    HOTLINE EMERGING OPERATION CENTER (EOC) VIRUS KORONA KEMENKES: 021-5210411 DAN 081212123119   CEGAH PENULARAN VIRUS KORONA DENGAN MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)   MENLU RETNO MARSUDI BERTEMU DIRJEN WHO TEDROS ADHANOM GHEBREYESUS DI GENEVA, SWISS, BAHAS VIRUS KORONA   PEMKAB NATUNA TIDAK KEBERATAN DAERAHNYA KEMBALI JADI TEMPAT OBSERVASI BAGI WNI DARI KAPAL PESIAR DIAMOND PRINCESS   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TARGETKAN PENYULUHAN KELOMPOK USAHA PADA 2020   KETUA KPK FILRI BAHURI TERBITKAN 51 SURAT PERINTAH PENYELIDIKAN BARU   BNN TETAPKAN 5 TERSANGKA TERKAIT PENGGEREBEKAN PABRIK NARKOTIKA DI BANDUNG, JAWA BARAT   KPK TEMUKAN ASET PEMDA YANG TIDAK MEMILIKI BUKTI KEPEMILIKAN DALAM SAFARINYA KE PEMPROV KEPULAUAN RIAU   TERENDAM BANJIR, DIREKTUR RSCM LIES DINA LIASTUTI: PERBAIKAN ALAT TOMOTERAPI PERLU WAKTU SEKITAR SATU MINGGU   DIREKTUR RSCM LIES DINA LIASTUTI SEBUT 7 ALAT MEDIS TERENDAM BANJIR, SALAH SATUNYA ALAT CANGGIH TOMOTERAPI   MENKES SEBUT WNI DI DIAMOND PRINCESS YANG POSITIF TERJANGKIT VIRUS KORONA BERTAMBAH MENJADI 9 ORANG   WAPRES MA'RUF AMIN BPPT PUNYA AGENDA RISET DAN INOVASI YANG TERKONEKSI DUNIA USAHA