Kompas TV nasional sapa indonesia

DIALOG - Mengatasi Konflik dan Menjamin Keamanan Seluruh Warga di Tanah Papua

Kompas.tv - 2 Oktober 2019, 11:40 WIB

Pengungsi dari Wamena ke Jayapura seusai kerusuhan di Kabupaten Jayawijaya pekan lalu terus bertambah. Meski kebutuhan pengungsi terpenuhi namun para pengungsi berharap segera bisa dipulangkan ke kampung halamannya. Jumlah pengungsi yang ditampung di posko pengungsian di Sentani, Kabupaten Jayapura hingga Selasa (1/10/2019) malam mencapai 948 orang.

Ratusan pengungsi ini ditampung di 4 posko yakni Posko Lanud Silas Papare Jayapura, Yonif Rider Khusus 751 Vira Jaya Sakti, Rindam XVII Cenderawasih dan Masjid Al-Aqsa Sentani. Saat ini para pengungsi masih menunggu untuk kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Sementara itu saat kunjungan ke pengungsian Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menegaskan pihaknya menjamin keamanan warga termasuk mereka yang telah meninggalkan Papua untuk kembali lagi ke rumah. Sedikitnya ada 4.600 warga Wamena kini mengungsi ke Sentani pasca-kerusuhan.

Meski telah memakan puluhan korban atas kerusuhan 23 September lalu konflik di Wamena, Papua masih memanas. Ribuan pengungsi mencari tempat aman keluar Wamena meski sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mengimbau tidak perlu melakukan eksodus ke luar wilayah Wamena. Apa yang seharusnya pemerintah lakukan? Kami akan membahasnya bersama Komisioner Komnas HAM Choirul Anam.

#KonflikTanahPapua #Wamena #KomnasHAM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x