Kompas TV video top 3 news

[TOP 3 NEWS] Jokowi Pimpin Hari Kesaktian Pancasila Hingga Anggota DPR RI Dilantik

Kompas.tv - 1 Oktober 2019, 21:30 WIB
Penulis : Desy Hartini

Berita pertama, Presiden Joko Widodo memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila 2019 di kawasan Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur. Presiden Jokowi hadiri upacara didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Kalla juga mengikuti upacara yang dimulai pada pukul 8 pagi.

Sejumlah menteri kabinet kerja turut hadir, seperti Mensesneg Pratikno, Mendikbud Muhadjir Effendy, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jendral Tito Karnavian. Upacara tahun ini mengambil tema Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia. Upacara pun diikuti oleh para siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Berita kedua, sebanyak 575 anggota DPR RI periode 2019 – 2024 dilantik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Usai melantik anggota DPR RI 2019 -2024, pimpinan DPR sementara dan perwakilan tiap fraksi langsung menggelar rapat konsultasi.

Rapat digelar pada pukul 14.00 WIB di badan legislasi DPR dan berlangsung secara tertutup. Rapat konsultasi ini adalah rapat pengganti badan musyawarah. Agendanya menetapkan fraksi-fraksi di DPR dan menetapkan Ketua serta Wakil Ketua DPR periode 2019-2024. Hasil rapat menetapkan Puan Maharani sebagai Ketua DPR terpilih periode 2019-2024.

Berita terakhir, Polda Metro Jaya telah mengamankan 649 orang dalam kerusuhan yang terjadi di sekitar gedung DPR pada Senin (30/9/19). Ratusan orang tersebut diamankan oleh Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat. Rinciannya Polda Metro Jaya menangkap sebanyak 380 orang, Polres Jakarta Utara 36 orang, Polres Jakarta Pusat 63 orang, dan Polres Jakarta Barat 170 orang.

Pihak kepolisian menyebut 36 orang yang diamankan di daerah Jakarta Utara merupakan terduga perusuh yang menyamar dengan mengenakan seragam sekolah. Ratusan orang tersebut disebut sebagai terduga perusuh karena diduga menyerang aparat dan merusak fasilitas publik. Namun, belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka karena seluruh terduga perusuh masih dalam proses penyelidikan.

#RusuhDPR #PelantikanAnggotaDPR #AnggotaDPRRI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x