Kompas TV nasional sapa indonesia

Dialog - Ngeri! Langit Merah Membara di Muaro Jambi, Ini Kesaksian Warga

Kompas.tv - 22 September 2019, 21:05 WIB

Langit di atas Kabupaten Muaro, Jambi, Provinsi Jambi memerah. Suasana gelap dan pekat padahal waktu menunjukkan pukul 1.00 siang. Asap pekat juga nampak memenuhi area perkebunan sawit yang terbakar ini.

Kepala Staf Kodim 0415 Batanghari Mayor Infantri Beny dalam vlog nya di lokasi Sabtu (21/9/2019) kemarin menyebut angin yang bertiup cukup kencang memicu kebakaran lahan meluas dengan cepat.

Hingga Minggu (22/9/2019) siang personel gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Muaro Jambi masih berjibaku memadamkan kebakaran. Kabut asap pekat masih menyelimuti lokasi sementara sumber air pemadaman titik-titik api semakin menipis. Hasil analisis citra satelit milik BMKG memantau titik api di wilayah Jambi terus bertambah dalam 2 hari terakhir.

Terkait langit merah Muaro Jambi Prakirawan BMKG Luthfi Satriano menyebutnya sebagai a fenomena mie scattering yang dipicu kepekatan asap akibat kebakaran yang terus berlangsung dan gelombang radiasi matahari.

Tak jauh dari perkebunan lokasi kebakaran orang dewasa maupun anak-anak membatasi aktifitas di luar rumah. Mereka berkumpul di posko kesehatan bergantian memanfaatkan masker oksigen.

#LangitMerah #KebakaranHutan #MuaroJambi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x