HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

DIALOG - Anak 9 Tahun Dirantai Orang Tua Kandung (2)

Sabtu, 21 September 2019 | 21:20 WIB

Video seorang anak yang baru berusia 9 tahun dirantai oleh orangtuanya sendiri viral di media sosial. Bocah malang ini dirantai karena tidak membawa uang hasil mengemis saat pulang ke rumah.

Inilah disaat anggota TNI dan sejumlah warga menyelamatkan anak berusia 9 tahun yang dieksploitasi di kota Lhoksumawe Aceh. Kami sengaja mengaburkan wajah sang anak untuk melindungi identitasnya.

Melalui akun facebook Yuni Rusmini anggota TNI ini mendapati sang bocah sedang dirantai oleh orangtuanya sendiri.

Awalnya sang anak merasa takut. Namun setelah diyakinkan anggotaTNI akhirnya bocah malang ini mengaku sering dipukuli orang tuanya jika tak membawa pulang uang hasil mengemis.

Setelah dilaporkan ke Polisi kini kedua orangtua sang bocah ditetapkan sebagai tersangka. Dalam program Kompas Petang sebelumnya polisi menyebut orangtua sang anak dijerat pasal berlapis tentang perlindungan anak.

Sementara itu Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI menyayangkan kasus eksploitasi terhadap anak di kota Lhoksemawe Aceh. KPAI menegaskan hak asuh kedua orangtua bisa dicabut jika terbukti mengeksploitasi anak.

Untuk memulihkan kondisi kejiwaan kini sang anak sudah berada di tangan dinas sosial setempat. Sementara orangtua sang anak kini terancam hukuman pidana penjara 10 tahun.

#Eksploitasianak #KPAI #Anak

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:13
JUMLAH KASUS KORONA DI SPANYOL: 235.290 POSITIF, 150.376 SEMBUH, 28.678 MENINGGAL DUNIA   SPANYOL SIAP BUKA PARIWISATANYA BAGI TURIS LUAR NEGERI MULAI JULI 2020   TIONGKOK BERENCANA BERI VAKSIN KORONA KE BEBERAPA KELOMPOK PADA AKHIR TAHUN MESKI UJI COBA BELUM SELESAI   MENLU TIONGKOK WANG YI SEBUT AS DAN TIONGKOK BERADA DI AMBANG PERANG DINGIN YANG BARU   JUMLAH KASUS KORONA DI KALIMANTAN BARAT: 168 POSITIF, 38 SEMBUH, 4 MENINGGAL DUNIA   SEBANYAK 40 TENAGA KESEHATAN DI KALIMANTAN BARAT TERINFEKSI VIRUS KORONA   UNJ SEBUT TIDAK ADA UNSUR KETERLIBATAN PEJABAT NEGARA DALAM OTT KPK TERHADAP SALAH SATU STAF UNJ   UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (UNJ): TIDAK BENAR TERJADI OTT TERHADAP REKTOR UNJ   UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (UNJ) MEMBENARKAN TELAH TERJADI OTT KPK TERHADAP SALAH SATU STAF UNJ   KEMENHUB SEBUT TRANSPORTASI KELUAR MASUK JABODETABEK TERKENDALI DI HARI PERTAMA IDUL FITRI   PEMERINTAH IMBAU MASYARAKAT TETAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN KORONA KARENA BELUM ADA VAKSIN   PEMERINTAH MINTA MASYARAKAT MEMPUNYAI PARADIGMA BARU GUNA MENGANTISIPASI PANDEMI KORONA BERKEPANJANGAN   ACHMAD YURIANTO: KITA MASIH AKAN MELALUI TAHAPAN-TAHAPAN YANG CUKUP BERAT DI TENGAH PANDEMI   JUBIR PEMERINTAH PENANGANAN KORONA ACHMAD YURIANTO TEGASKAN SITUASI YANG SEDANG DIHADAPI SAAT INI BELUM NORMAL