HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Veronica Koman Jadi Buronan, PBB Desak Indonesia Cabut Kasusnya

Sabtu, 21 September 2019 | 19:25 WIB

Polda Jawa Timur akhirnya resmi menetapkan status DPO kepada tersangka provokasi kerusuhan Asrama Mahasiswa Papua, Veronica Koman. Penetapan dilakukan karena Veronica 2 kali mangkir saat dipanggil polisi untuk diperiksa sebagai tersangka. Polisi bahkan telah mengajukan red notice ke Interpol di Perancis untuk ikut memburu veronica koman. Jika disetujui Veronica Koman akan dicekal di 190 negara. Rekening Veronica Koman pun telah diblokir.

Kasus Veronica Koman memang telah jadi perhatian internasional. Bahkan Komisi Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia OHCHR pun ikut bersuara. Melalui laman resminya OHCHR mendesak Indonesia mencabut status tersangka Veronica sekaligus memberikan perlindungan hukum. Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia berpendapat tak jauh beda. Dia menilai polisi berlebihan dengan memasukkan Veronica Koman ke dalam daftar pencarian orang.

Kantor Perwakilan Tetap Indonesia untuk PBB di Jenewa, Swiss langsung bereaksi. PTRI menilai pernyataan yang disampaikan di Komisi Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia tidak berimbang dan hanya fokus kepada satu aspek HAM. Veronica Koman ditetapkan sebagai tersangka provokasi terkait kerusuhan Papua pada 4 September lalu. Polisi menyebut Veronica Koman aktif menyebarkan provokasi terkait kerusuhan Papua lewat media sosial. Sejumlah unggahan Veronica dinilai bernada provokatif terkait kerusuhan di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya 18 Agustus 2019. Veronica pun dijerat 4 pasal berbeda.

14 September lalu Veronica menjawab seluruh tuduhan polisi. Dia mengaku menjadi korban kriminalisasi. Saya menolak segala upaya pembunuhan karakter yang sedang ditujukan kepada saya pengacara resmi aliansi mahasiswa Papua. Tulis akun Veronica Koman yang diunggah di berbagai sosial media. Polisi dan Pemerintah Indonesia tampaknya bergeming dengan desakan dari berbagai pihak dalam kasus Veronica Koman. Karena bagi Polri Indonesia memiliki kedaulatan hukum yang tak bisa diintervensi.

#VeronicaKoman #PBB #PoldaJawaTimur

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:46
MENLU AMERIKA SERIKAT MIKE POMPEO: HONG KONG TAK LAGI JADI DAERAH OTONOM DI DARATAN UTAMA TIONGKOK   DITRESKRIMSUS POLDA JAMBI GAGALKAN UPAYA PENYELUNDUPAN BENIH LOBSTER KE MALAYSIA SENILAI RP 6,73 MILIAR   PEMKOT SEMARANG TINGKATKAN "RAPID TEST" MASSAL KORONA DI SEJUMLAH WILAYAH JELANG PENERAPAN "NEW NORMAL"   RESMI TAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT TASIKMALAYA, JABAR, AKAN TERAPKAN "NEW NORMAL" MULAI 1 JUNI 2020   PEMKAB BANYUMAS, JATENG, BERENCANA MEMBUKA TEMPAT IBADAH SECARA BERTAHAP MULAI JUNI 2020   KETUA KODE INISIATIF VERI JUNAIDI NILAI PEMERINTAH TAK REALISTIS JIKA MELAKSANAKAN PILKADA PADA DESEMBER 2020   MENPAREKRAF WISHNUTAMA JANJIKAN BANYAK PROMO DAN PAKET WISATA JIKA "NEW NORMAL" BERLAKU   PEMERINTAH INDIA TETAP MENYIAPKAN DIRI UNTUK AJANG PIALA DUNIA PUTRI U-17 PADA 17 FEBRUARI-7 MARET 2021   KADIS PEKERJAAN UMUM PROVINSI MALUKU POSITIF TERINFEKSI KORONA DENGAN STATUS OTG   STATUS TANGGAP DARURAT KORONA DI BANYUMAS, JATENG, DIPERPANJANG HINGGA 30 JUNI 2020   SATPOL PP, POLISI, DAN DISHUB BERJAGA DI PERBATASAN KOTA BEKASI UNTUK AWASI WARGA DARI LUAR DAERAH   PEMKOT BEKASI TEGASKAN MASYARAKAT DARI LUAR DAERAH YANG TAK MEMILIKI SIKM DILARANG MASUK KOTA BEKASI   KABAG PENUM DIVISI HUMAS POLRI: PELAYANAN SIM, STNK, DAN BPKB MASIH DITUTUP HINGGA 29 JUNI 2020   PEMERINTAH: PENAMBAHAN KASUS KORONA DI JAKARTA DIDOMINASI PEKERJA MIGRAN YANG TIBA DI INDONESIA