Kompas TV video cerita indonesia

Begini Potret Kabut Asap Kalimantan dari Luar Angkasa

Kompas.tv - 21 September 2019, 16:15 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

Inilah potret kabut asap di Kalimantan imbas dari kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. Satelit Aqua milik NASA memotret parahnya kabut asap di wilayah Kalimantan dari luar angkasa. Potret ini diambil sejak Minggu 15 September 2019.

NASA identifikasi ada lebih dari 4.000 titik panas di Indonesia yang kebanyakan berada di Kalimantan dan Sumatera. Meski begitu, masih banyak titik api yang tak terdeteksi karena tertutup kabut asap.

Terbaru, diupdate dari BNPB Operasi TMC pada hari Jumat lalu (20/9) berhasil menyebar garam 800 kg di Kalimantan Barat (Kalbar), 1.500 kg di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan 2.400 kg di Riau dan hujan turun di beberapa wilayah di Kalbar, Kalteng, Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Riau.

Pesawat operasional TMC di Kalimantan diterbangkan dari Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kaliteng dengan menggunakan Pesawat TNI AU. Pesawat dengan tipe CN-295 tersebit berkapasitas 2.400 kg. TMC juga dilakukan dengan pesawat TNI AU jenis Cassa 212-200 yang berpangkalan di Bandar Udara Supadio, Pontianak.

Sementara itu, operasi TMC di wilayah Sumatera dilakukan dari Pangkalan Udara Roesmin Noerjadin, Pekanbaru, Riau dengan menggunakan pesawat TNI AU. Pesawat yang digunakan berjenis Hercules C-130 dengan kapasitas 4.000 kg dan Cassa 212-200 yang berkapasitas 800 kg.

#kabutasap #karhutla #NASA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.