HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional rumah pemilu

POLDA Jatim Tetapkan Veronica Koman Berstatus DPO

Jumat, 20 September 2019 | 23:10 WIB

Jumat (20/9/2019) pagi kepolisian daerah Jawa Timur resmi menetapkan status DPO kepada tersangka provokasi kerusuhan asrama mahasiswa Papua Veronica Koman.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan penetapan dilakukan karena Veronica mangkir 2 kali atas panggilan polisi untuk diperiksa sebagai tersangka.

Luki menambahkan Veronica Koman saat ini berada di Australia. Mabes Polri juga telah berkoordinasi dengan KBRI dan Kepolisian Australia untuk mendeteksi keberadaan Veronica di Australia.

Selain itu Mabes Polri dan Kemenlu juga telah mengajukan red notice ke interpol di Perancis. Apabila disetujui maka Veronica Koman akan dicekal 190 negara.

Sebelumnya penetapan veronica koman sebagai tersangka menjadi sorotan internasional. Melalui laman resminya komisi tinggi PBB untuk hak asasi manusia OHCR mendesak pemerintah indonesia mencabut status tersangka Veronica sekaligus memberikan perlindungan kepadanya.

Karena itulah komnas ham pun meminta kasus veronica koman dihentikan. Komisioner Komnas Ham Muhammad Chairul Anam menyebutkan jika proses hukum Veronica tetap dilanjutkan maka akan berpotensi melanggar hak asasi manusia.

Namun kepolisian Jawa Timur menolak desakan tersebut. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Luki hermawan secara tegas menyatakan bahwa indonesia memiliki kedaulatan hukum sehingga akan menjalankan proses hukum di Indonesia .

#Veronicakoman #DPO #Surabaya

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:45
ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, TNI AD AKAN GUNAKAN HELM PENDETEKSI SUHU TUBUH SESEORANG DARI JARAK JAUH   PRESIDEN AS DONALD TRUMP TUNDA PELAKSANAAN KTT G7 DAN BUKA PELUANG NEGARA LAIN BERGABUNG   DEWAN MASJID INDONESIA MINTA PEMERINTAH BUAT ATURAN JELAS SOAL PEMBUKAAN KEMBALI RUMAH IBADAH DI TATANAN NORMAL BARU    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN PEMERINTAH TAK MAIN-MAIN SOAL KESEHATAN DALAM MENANGGULANGI PANDEMI KORONA   TATANAN NORMAL BARU, KOALISI PEJALAN KAKI MINTA PEMPROV DKI BUAT JALUR JAGA JARAK DI TROTOAR DAN HALTE   KEMENTERIAN PUPR: PROGRES KONSTRUKSI RUSUN PASAR JUMAT, JAKARTA, CAPAI 88 PERSEN   KEMENDIKBUD TELAH DISTRIBUSIKAN 268.381 ALAT PELINDUNG DIRI DAN 16 SET ALAT PCR PADA RUMAH SAKIT PENDIDIKAN   KEMENTERIAN SOSIAL TEGASKAN MASYARAKAT BISA TUKARKAN BANSOS SEMBAKO YANG MILIKI KUALITAS KURANG BAGUS   PANGKOGABWILHAN I: PER 31 MEI 2020, RSD WISMA ATLET KEMAYORAN CATAT 2.472 ORANG SEMBUH DARI COVID-19   KEMENLU: PER 31 MEI 2020, ADA 508 WNI DINYATAKAN SEMBUH DARI TOTAL KASUS TERKONFIRMASI POSITIF KORONA 956 ORANG   PEMPROV BANTEN PERPANJANG MASA PSBB DI WILAYAH TANGERANG RAYA HINGGA 15 JUNI 2020   PEMPROV GORONTALO PERPANJANG MASA PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR HINGGA 14 JUNI 2020   IKATAN DOKTER INDONESIA: TATANAN NORMAL BARU BISA DITERAPKAN BERTAHAP DI ZONA HIJAU COVID-19   KEMENTERIAN KEUANGAN: PEMERINTAH TARGETKAN PUNGUT PAJAK NETFLIX, SPOTIFY, HINGGA ZOOM MULAI AGUSTUS 2020