HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pasal-Pasal Kontroversial RKUHP: Unggas Berkeliaran, Gelandangan di Jalan Hingga Perzinahan

Jumat, 20 September 2019 | 16:06 WIB

DPR lagi-lagi menjadi sorotan. DPR tengah menggodok perubahan atau Revisi Kitab UU Hukum Pidana (RKUHP). Pasal-pasal perubahan dalam RKUHP ini menuai kontroversi. Ada pun pasal-pasal kontroversi tersebut adalah:

Pasal 278 mengenai hewan unggas yang berkeliaran. Pasal ini dikhawatirkan malah akan menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Lalu Pasal 432 mengenai gelandangan yang ada di jalanan. Pasal ini dinilai multitafsir dan rawan bias menghakimi warga yang berada di jalanan.

Ada pula pasal yang dianggap terlalu masuk ke ranah privat dan tidak berpihak pada perempuan, yaitu Pasal 417 ayat 1 dan pasal 410 ayat 1.

Ada juga pasal yang dinilai diskriminatif terhadap korban pemerkosaan, yaitu pada pasal 470 ayat 1 dan pasal 471 ayat 1.

Pasal-pasal seperti pasal 219 dan pasal 241 juga dinilai dapat mengancam demokrasi dan kebebasan pers. Serta pasal terkait perbuatan memperkaya diri dan pasal penyelenggara negara menerima hadiah atau janji dinilai melemahkan upaya pemberantasan korupsi. Hal ini karena koruptor diatur bakal mendapat hukuman penjara yang lebih ringan dari hukuman di peraturan UU Tipikor.

RKUHP bakal disahkan oleh DPR pada 24 September 2019 mendatang, namun Presiden Jokowi menyatakan meminta DPR untuk menunda pengesahan RKUHP ini.

#rkuhp #pasalkontroversial #dpr

Editor : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:59
MENLU AMERIKA SERIKAT MIKE POMPEO: HONG KONG TAK LAGI JADI DAERAH OTONOM DI DARATAN UTAMA TIONGKOK   DITRESKRIMSUS POLDA JAMBI GAGALKAN UPAYA PENYELUNDUPAN BENIH LOBSTER KE MALAYSIA SENILAI RP 6,73 MILIAR   PEMKOT SEMARANG TINGKATKAN "RAPID TEST" MASSAL KORONA DI SEJUMLAH WILAYAH JELANG PENERAPAN "NEW NORMAL"   RESMI TAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT TASIKMALAYA, JABAR, AKAN TERAPKAN "NEW NORMAL" MULAI 1 JUNI 2020   PEMKAB BANYUMAS, JATENG, BERENCANA MEMBUKA TEMPAT IBADAH SECARA BERTAHAP MULAI JUNI 2020   KETUA KODE INISIATIF VERI JUNAIDI NILAI PEMERINTAH TAK REALISTIS JIKA MELAKSANAKAN PILKADA PADA DESEMBER 2020   MENPAREKRAF WISHNUTAMA JANJIKAN BANYAK PROMO DAN PAKET WISATA JIKA "NEW NORMAL" BERLAKU   PEMERINTAH INDIA TETAP MENYIAPKAN DIRI UNTUK AJANG PIALA DUNIA PUTRI U-17 PADA 17 FEBRUARI-7 MARET 2021   KADIS PEKERJAAN UMUM PROVINSI MALUKU POSITIF TERINFEKSI KORONA DENGAN STATUS OTG   MANPEREKRAF WISHNUTAMA: BALI BERPOTENSI JADI PROVINSI YANG PARIWISATANYA DIBUKA KEMBALI SAAT "NEW NORMAL"   MENPAREKRAF WISHNUTAMA MEMPREDIKSI INDONESIA KEHILANGAN 4 JUTA WISATAWAN MANCANEGARA SELAMA PANDEMI   KPU USULKAN PENAMBAHAN ANGGARAN PILKADA 2020 UNTUK MELAKSANAKAN TES KORONA BAGI PENYELENGGARA PEMILU    PERLUDEM NILAI PELAKSANAAN PILKADA 2020 BELUM PUNYA DASAR HUKUM TERKAIT PROTOKOL PENANGANAN KORONA   KEMENDAGRI & KPK SEPAKAT GUNAKAN NIK SEBAGAI INSTRUMEN UTAMA PENYALURAN BANTUAN SOSIAL & SUBSIDI