HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

PBB Desak Indonesia untuk Bebaskan Veronica Koman

Rabu, 18 September 2019 | 14:11 WIB

Para ahli Komisaris Tinggi PBB untuk HAM (OHCHR) desak pemerintah Indonesia untuk mencabut perkara yang menjerat aktivis HAM Veronica Koman.

Mereka juga mendesak agar pemerintah Indonesia memberikan perlindungan kepada Veronica.

"Kami mempersilakan pemerintah untuk mengambil langkah terhadap insiden rasisme, tetapi kami mendorong agar pemerintah segera melindungi Veronica Koman dari segala bentuk pembalasan dan intimidasi," kata para ahli seperti dikutip dari laman OHCHR, Rabu (18/9/2019).

Pencabutan paspor Veronica, blokir rekening, hingga terbitkan red notice juga jadi perhatian mereka. OHCHR dorong pemerintah RI memperhatikan hak-hak peserta aksi serta pastikan layanan internet tetap tersedia di papua dan Papua Barat.

Sebelumnya, Veronica ditetapkan tersangka atas tuduhan sebarkan konten hoaks dan provokatif terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat pada 4 September 2019.

Polisi menjerat Veronica dengan sejumlah pasal dalam beberapa UU, antara lain Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kitab Undang-undang Hukum Pidana terkait pasal penghasutan, dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

#VeronicaKoman #PBB #KerusuhandiPapua

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:12
POLISI PERPANJANG MASA PENAHANAN DUA TERSANGKA PENYERANG NOVEL BASWEDAN 40 HARI   KEMENTERIAN DALAM NEGERI SERAHKAN DATA PENDUDUK PEMILIH POTENSIAL PEMILU (DP4) KE KPU, JUMLAHNYA 105 JUTA   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH TAK MUTASI ASN JELANG PILKADA 2020   KEMENTERIAN SOSIAL AKAN BERI PENDAMPINGAN KE KORBAN KERATON AGUNG SEJAGAT   KEMENTERIAN PUPR AKAN PERBAIKI 20 TITIK JALAN RUSAK AKIBAT LONGSOR DI SUMATERA SELATAN   PEMKOT BANDUNG TARGETKAN RUMAH DERET TAMANSARI TAHAP PERTAMA BISA DIHUNI PADA OKTOBER 2020   KEMENTERIAN PERTAHANAN AKAN FOKUSKAN ANGGARAN 2020 UNTUK MODERNISASI ALAT UTAMA SISTEM PERSENJATAAN (ALUTSISTA)   ANTISIPASI VIRUS KORONA, KEPALA STAF KEPRESIDENAN MOELDOKO SEBUT PEMERINTAH SIAPKAN LANGKAH PREVENTIF   PEMPROV PAPUA LAKUKAN PENDATAAN MAHASISWA EKSODUS   MENTERI BUMN ERICK THOHIR MENGATAKAN PIHAKNYA INGIN BENTUK SUBHOLDING BUMN BIDANG PERTAHANAN   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN BERHARAP PENGGUNA KENDARAAN LISTRIK DI JAKARTA MENINGKAT   PEMPROV DKI: SELAIN BEBAS PAJAK BBN-KB, KENDARAAN LISTRIK DI JAKARTA AKAN DAPAT INSENTIF PARKIR   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN BEBASKAN PAJAK BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR (BBN-KB) UNTUK KENDARAAN LISTRIK   ANTISIPASI VIRUS KORONA, KEMENKES SIAGAKAN THERMOSCANNER DI 135 PINTU MASUK INDONESIA