HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jokowi Klaim Pemerintah Telah Lakukan Sejumlah Langkah untuk Atasi Karhutla

Selasa, 17 September 2019 | 16:43 WIB

Presiden Joko Widodo dan segenap elemen meninjau langsung titik karhutla, Selasa (17/9/19). Jokowi ingin pastikan penanganan karhutla berjalan maksimal.

Jokowi sampaikan sejumlah upaya yang dilakukan untuk atasi karhutla, mulai dari hujan buatan, menabur garam, hingga water bombing. Demi membantu penanganan karhutla, Jokowi juga perintahkan untuk tambah pasukan.

“Tadi juga salat istisqa. Kemudian tadi pesawat penyemai juga mau berangkat untuk hujan buatan meskipun hari Jumat lalu sudah kita perintahkan, sudah diterbangkan dan alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir hujan turun. Nah ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam. Selain itu, juga lewat water bombing juga kita lakukan dengan 52 pesawat.” Ujar Jokowi.

Meski upaya maksimal telah dilakukan, Jokowi kembali tegaskan bahwa langkah terbaik adalah pencegahan agar titik api tidak makin membesar.

Jokowi imbau seluruh pihak untuk tidak lakukan pembakaran lahan gambut maupun hutan yang dapat sebabkan bencana karhutla semakin meluas.

Terkait hal itu, Jokowi sudah instruksikan diambilnya tindakan tegas bagi para pelaku pembakaran.

#Jokowi #Karhutla #KabutAsap

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
07:34
JUMLAH KASUS KORONA DI KOTA AMBON: 198 POSITIF, 30 SEMBUH, 6 MENINGGAL DUNIA   PEMKOT AMBON AKAN TERAPKAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   DISPERINDAG KOTA TANGSEL: LAYANAN MAKAN DI TEMPAT PALING BANYAK 50% DARI JUMLAH KURSI DAN MEJA   DISPERINDAG KOTA TANGERANG SELATAN IZINKAN RESTORAN DAN UMKM BUKA LAYANAN MAKAN DI TEMPAT   KEMENKEU PERKIRAKAN RISIKO KERUGIAN KARENA KORONA TERHADAP PEREKONOMIAN CAPAI RP 316 TRILIUN PADA KUARTAL I-2020   BNPB PERBOLEHKAN KABUPATEN LINGGA, KEPULAUAN ANAMBAS, DAN NATUNA DI KEPRI LAKUKAN PENERAPAN "NEW NORMAL"   IDI KOTA DEPOK MENILAI WACANA "NEW NORMAL" DI DEPOK MENGKHAWATIRKAN   APARATUR KELURAHAN PEJAGALAN, PENJARINGAN, JAKUT, TEMUKAN 71 WARGA YANG KEMBALI DARI KAMPUNG HALAMAN SECARA ILEGAL   PT KCI: MULAI 8 JUNI 2020, LANSIA HANYA BOLEH NAIK KRL PUKUL 10.00-14.00 WIB   PT KCI AKAN TERAPKAN SISTEM BUKA-TUTUP DI LUAR STASIUN JIKA KONDISI TERLALU PADAT SAAT "NEW NORMAL"   PT KCI AKAN LAKUKAN PENYEKATAN DI STASIUN GUNA JAGA "PHYSICAL DISTANCING" SAAT "NEW NORMAL"   HINGGA 2 JUNI 2020, DINKES DKI JAKARTA UJI 154.345 SPESIMEN DENGAN METODE PCR   OMBUDSMAN TUTUP KASUS DUGAAN MALAADMINISTRASI PEMECATAN KOMISIONER KPU EVI NOVIDA GINTING MANIK   LION AIR GROUP HENTIKAN SEMENTARA PENERBANGAN PENUMPANG MULAI 5 JUNI 2020 SAMPAI WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN