Kompas TV nasional sapa indonesia

Dampak Kekeringan, Siswa Bawa Air Untuk Toilet Sekolah

Kompas.tv - 17 September 2019, 16:40 WIB

Satu pekan sudah para siswa Sekolah Dasar Negeri Jonggrangan 1 Desa Purwosari Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta datang ke sekolah dengan membawa air dalam botol.

Air itu kemudian dikumpulkan di bak toilet sekolah. Kebijakan ini dijalankan agar kebutuhan air di toilet sekolah tetap bisa terpenuhi. Pasalnya sejak pasokan air ke sekolah terhenti aroma tidak sedap kerap menyeruak dan mengganggu aktivitas belajar-mengajar.

Demi kebersihan toilet para siswa mengaku tidak keberatan membawa air ke sekolah. Namun di rumah masing-masing para siswa juga kesulitan air.

Selain mengandalkan air yang dibawa siswa dari rumah ketersediaan air bersih di sekolah juga mengharapkan bantuan dari lembaga-lembaga seperti Tagana Kulon Progo. Namun bantuan tidak bisa datang setiap hari karena harus berbagi dengan wilayah lain yang juga dilanda kekeringan.

Data BPBD Kulon Progo menyebut wilayah terdampak kekeringan di kabupaten Kulon Progo mencakup Kecamatan Girimulyo Kokap Kalibawang Samigaluh Sentolo hingga Panjatan.

#kekeringan #kulonprogo #kesulitanair



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x