HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 top 3 news

[TOP 3 NEWS] Jokowi Cek Karhutla di Riau, Kabut Asap Selimuti Sejumlah Wilayah, Capim KPK Disahkan

Senin, 16 September 2019 | 22:00 WIB

Berikut tiga berita terpopuler yang terjadi pada Senin (16/9/19) versi KompasTV.

Berita pertama, Presiden Joko Widodo bertolak ke Provinsi Riau. Jokowi mengecek kebakaran hutan dan lahan serta penanganannya. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta beberapa menteri lainnya turut mendampingi Presiden Jokowi.

Basuki pun mengatakan sudah menyiapkan langkah untuk menangani karhutla. PUPR juga bekerja sama dengan badan restorasi gambut dalam hal rehabilitasi gambut. Sedangkan PUPR membantu membuat saluran air.

Terkait karhutla, BMKG Pekanbaru merilis jumlah titik panas di Riau menurun. Hanya kondisi asap memang masih pekat. Jumlah titik panas yang terdeteksi di Riau hanya 45 lokasi pada level confidence 70 persen. Jumlah ini jauh berkurang dibanding beberapa hari sebelumnya yang berasa di atas angka 150 titik panas.

Berita kedua, sudah lebih dari sebulan bencana kabut asap menyelimuti beberapa kota di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebut sudah lebih dari 238 ribu hektar lahan terbakar hingga saat ini.

Berbagai upaya pemadaman telah dilakukan, tetapi kabut asap masih tak kunjung hilang. Tak hanya mengganggu jadwal penerbangan, kabut asap juga membuat aktivitas warga tak lagi nyaman. Bahkan kabut asap mulai menyerang kesehatan pernapasan warga hingga banyak yang terkena ISPA. Kini sejumlah cara tengah dilakukan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

Berita ketiga, pimpinan KPK terpilih 2019 – 2023 disahkan dalam rapat paripurna DPR. Kelima pimpinan KPK terpilih, yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR menyatakan DPR telah selektif memilih calon pimpinan KPK dari 10 nama yang diserahkan presiden. Dari 10 nama yang diserahkan pansel pada presiden, rekam jejak capim KPK punsempat dipersoalkan sejumlah pihak.

Setelah pengesahan oleh DPR, Presiden Jokowi akan melantik lima pimpinan KPK yang baru. Mereka akan dilantik pada Desember 2019 setelah masa tugas pimpinan KPK periode Agus Rahardjo habis.

#KabutAsap #JokowikeRiau #RevisiUUKPK

Penulis : Desy Hartini | Editor : Dian Septina




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
14:20
PREMIER LEAGUE: 4 ORANG DARI 3 KLUB DINYATAKAN POSITIF KORONA    PREMIER LEAGUE: 1.008 PEMAIN DAN STAF TELAH MELAKUKAN TES KORONA   KEPOLISIAN HONG KONG MENANGKAP 300 PENGUNJUK RASA YANG MENENTANG PEMBERLAKUAN UU KEAMANAN NASIONAL    KEMENLU: HAMPIR 79.000 WNI TELAH KEMBALI DARI MALAYSIA   JUMLAH KASUS KORONA DI NUSA TENGGARA BARAT: 537 POSITIF, 272 SEMBUH, 9 MENINGGAL DUNIA   DINKES NTB: ADA 77 KASUS ANAK POSITIF KORONA, DIDOMINASI PASIEN ANAK BALITA   OMBUDSMAN SUMSEL INVESTIGASI PEMECATAN 109 TENAGA KESEHATAN RSUD OGAN ILIR OLEH BUPATI ILYAS PANJI ALAM   DISPAREKRAF DKI AKAN BUKA TEMPAT WISATA DAN HIBURAN DI JAKARTA SECARA BERTAHAP   POLDA METRO JAYA SIAPKAN 3.987 PERSONEL UNTUK PELAKSANAAN PROTOKOL TATANAN NORMAL BARU   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMERINTAH SIAPKAN RP 34 TRILIUN UNTUK RELAKSASI PEMBAYARAN ANGSURAN   PRESIDEN JOKOWI MINTA JAJARANYA PASTIKAN PETANI, BURUH TANI, NELAYAN, DAN PETAMBAK MASUK DALAM BANTUAN SOSIAL   DPR MINTA PEMERINTAH TRANSPARAN SOAL DATA KORONA SEBELUM TERAPKAN KENORMALAN BARU   SERIKAT BURUH MIGRAN INDONESIA: ILO 188 JADI KUNCI SEKALIGUS PERLINDUNGAN ABK DARI PERBUDAKAN DI KAPAL IKAN   SERIKAT BURUH MIGRAN INDONESIA DESAK PEMERINTAH RATIFIKASI KONVENSI ILO 188 TAHUN 2007 TENTANG PEKERJA DI KAPAL IKAN