Kompas TV video cerita indonesia

Xanana Gusmao Ungkap Kedekatannya dengan BJ Habibie

Kompas.tv - 16 September 2019, 13:40 WIB
Penulis : Desy Hartini

Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao mengakui kedekatannya dengan Presiden Ke-3 RI BJ Habibie. Kepada Jurnalis KompasTV Ni Luh Puspa, Xanana ceritakan kedekatannya dengan BJ Habibie. Hal itu disampaikan Xanana usai melakukan ziarah ke makam BJ Habibie, Minggu (15/9/19).

"Kami tidak harus memberitahu semua orang bahwa kami berteman. Saya yakin bahwa masyarakat dewasa ini mempercayai bahwa tidak perlu untuk bertemu setiap hari agar bisa dibilang dekat." ujar Xanana.

Sebelumnya, video Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk BJ Habibie ini viral di media sosial. Keduanya tampak akrab saat BJ Habibie terbaring di rumah sakit. Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto menceritakan kunjungan Xanana.

Awalnya, Xanana Gusmao mengundang BJ Habibie dalam peringatan referendum 20 tahun Timor Leste. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit. Xanana sendiri yang pada akhirnya menemui Habibie.

Pertemuan Xanana dan Habibie ini terjadi di RSPAD Gatot Soebroto pada akhir Juli 2019 lalu.

Rakyat Timor Leste menganggap BJ Habibie mempunyai jasa besar bagi negara itu. Bagaimana tidak, keputusan Habibie menggelar referendum pada 1999 lalu mengantarkan eks Provinsi Timor Timur itu berdaulat sebagai negara merdeka.

#PresidenTimorLeste #XananaGusmao #BJHabibie



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x