HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Xanana Gusmao Ungkap Kedekatannya dengan BJ Habibie

Senin, 16 September 2019 | 13:40 WIB

Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao mengakui kedekatannya dengan Presiden Ke-3 RI BJ Habibie. Kepada Jurnalis KompasTV Ni Luh Puspa, Xanana ceritakan kedekatannya dengan BJ Habibie. Hal itu disampaikan Xanana usai melakukan ziarah ke makam BJ Habibie, Minggu (15/9/19).

"Kami tidak harus memberitahu semua orang bahwa kami berteman. Saya yakin bahwa masyarakat dewasa ini mempercayai bahwa tidak perlu untuk bertemu setiap hari agar bisa dibilang dekat." ujar Xanana.

Sebelumnya, video Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk BJ Habibie ini viral di media sosial. Keduanya tampak akrab saat BJ Habibie terbaring di rumah sakit. Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto menceritakan kunjungan Xanana.

Awalnya, Xanana Gusmao mengundang BJ Habibie dalam peringatan referendum 20 tahun Timor Leste. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit. Xanana sendiri yang pada akhirnya menemui Habibie.

Pertemuan Xanana dan Habibie ini terjadi di RSPAD Gatot Soebroto pada akhir Juli 2019 lalu.

Rakyat Timor Leste menganggap BJ Habibie mempunyai jasa besar bagi negara itu. Bagaimana tidak, keputusan Habibie menggelar referendum pada 1999 lalu mengantarkan eks Provinsi Timor Timur itu berdaulat sebagai negara merdeka.

#PresidenTimorLeste #XananaGusmao #BJHabibie

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:11
JUMLAH KASUS KORONA DI SPANYOL: 235.290 POSITIF, 150.376 SEMBUH, 28.678 MENINGGAL DUNIA   SPANYOL SIAP BUKA PARIWISATANYA BAGI TURIS LUAR NEGERI MULAI JULI 2020   TIONGKOK BERENCANA BERI VAKSIN KORONA KE BEBERAPA KELOMPOK PADA AKHIR TAHUN MESKI UJI COBA BELUM SELESAI   MENLU TIONGKOK WANG YI SEBUT AS DAN TIONGKOK BERADA DI AMBANG PERANG DINGIN YANG BARU   JUMLAH KASUS KORONA DI KALIMANTAN BARAT: 168 POSITIF, 38 SEMBUH, 4 MENINGGAL DUNIA   SEBANYAK 40 TENAGA KESEHATAN DI KALIMANTAN BARAT TERINFEKSI VIRUS KORONA   UNJ SEBUT TIDAK ADA UNSUR KETERLIBATAN PEJABAT NEGARA DALAM OTT KPK TERHADAP SALAH SATU STAF UNJ   UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (UNJ): TIDAK BENAR TERJADI OTT TERHADAP REKTOR UNJ   UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (UNJ) MEMBENARKAN TELAH TERJADI OTT KPK TERHADAP SALAH SATU STAF UNJ   KEMENHUB SEBUT TRANSPORTASI KELUAR MASUK JABODETABEK TERKENDALI DI HARI PERTAMA IDUL FITRI   PEMERINTAH IMBAU MASYARAKAT TETAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN KORONA KARENA BELUM ADA VAKSIN   PEMERINTAH MINTA MASYARAKAT MEMPUNYAI PARADIGMA BARU GUNA MENGANTISIPASI PANDEMI KORONA BERKEPANJANGAN   ACHMAD YURIANTO: KITA MASIH AKAN MELALUI TAHAPAN-TAHAPAN YANG CUKUP BERAT DI TENGAH PANDEMI   JUBIR PEMERINTAH PENANGANAN KORONA ACHMAD YURIANTO TEGASKAN SITUASI YANG SEDANG DIHADAPI SAAT INI BELUM NORMAL