Kompas TV nasional berita kompas tv

Capim KPK Kritik Pimpinan KPK Saat Ini

Kompas.tv - 12 September 2019, 19:20 WIB
Penulis : Dian Septina

Uji Kelayakan dan Kepatutan Capim KPK kembali dilanjutkan Kamis (12/9). Capim KPK petahana,Alexander Marwata yang mendapat giliran pertama menjalani uji kepatutan dan kelayakan.Alexander banyak ditanya anggota Komisi III terkait pernyataan KPK tentang pelanggaran etik berat Irjen Firli Bahuri saat menjabat Deputi Penindakan.

Selain itu anggota Komisi III DPR juga menanyakan soal Revisi UU KPK. Capim KPK Johanis Tanak, yang juga menjalani uji kelayakan dan kepatutan, menyetujui 2 hal dalam RUU KPK. Dua hal tersebut terkait penghentian surat penyidikan perkaradan pembentukan badan pengawasan eksternal KPK.

Capim KPK Johanis Tanak sangat berharap dibentuknya badan pengawasan eksternal KPK, karena jika KPK hanya diawasi oleh internal, akan terjadi tindakan yang tidak obyektif.

Kritik juga disampaikan kedua Capim KPK pada para pimpinan KPK saat ini. Pimpinan KPK dinilai terlalu sering melakukan tindakan yang melampaui kewenangan pimpinan KPK itu sendiri.

Untuk mengetahui jalannya uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan KPK di DPR, berikut laporan langsung Jurnalis KompasTV, Imron Fadillah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x