Kompas TV video cerita indonesia

Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Sosok Inspirasi Kebanggaan Bangsa

Kompas.tv - 11 September 2019, 19:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

Kisah hidup Presiden Ke-3 RI BJ Habibie penuh inspirasi. Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Ia dihormati oleh ilmuwan dunia, khususnya bidang penerbangan. Di dunia teknologi, Habibie jadi kebanggaan anak Indonesia karena kecerdasannya.

Ia ahli membuat pesawat terbang yang diakui dunia internasional. Kecerdasan Habibie sudah tampak sejak dini, khususnya ketertarikannya pada fisika. Dalam hal pendidikan, ia kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan studi teknik mesin pada 1954.

Habibie melanjutkan studi teknik penerbangan di Jerman sampai meraih 2 gelar sekaligus, yaitu Diploma Ingenieur dan Doktor Ingenieur dengan predikat summa cum laude.

Setelah lulus, Habibie bekerja di perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman. Keahlian teknologinya membuat Habibie dekat dengan pemerintah.

Sekembalinya ke indonesia, habibie masuk dalam ke dunia teknokrat, mulai dari penasihat presiden hingga menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi selama dua dekade mulai 1978 hingga 1998.

Pada 1995, Habibie berhasil memimpin proyek pembuatan pesawat yang dinamai N250 Gatot Kaca. N250 merupakan pesawat pertama yang dibuat di Indonesia.

BJ Habibie kemudian menjadi presiden pertama sejak lahirnya era reformasi. Habibie menjadi presiden ke-3 RI pada 21 Mei 1998. Ia menggantikan Soeharto yang mundur di tengah jalan karena tuntutan reformasi.

#BJHabibie #Habibie #SosokHabibie



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x