Kompas TV video cerita indonesia

Batik Lontara Khas Makassar yang Mendunia

Kompas.tv - 11 September 2019, 16:14 WIB
Penulis : Desy Hartini

Industri batik di Makassar, Sulawesi Selatan, mulai berkembang. Batik khas Makassar kini hadir dengan beragam warna, corak, dan motif. Salah satu batik khas Makassar yang unik, yaitu batik Lontara Balla Sari.

Batik Lontara sendiri merupakan jenis batik Bugis Makassar khas Sulawesi Selatan yang memiliki motif aksara lontara.

Bentuk aksara lontara yang unik dan indah dianggap mewakili empat etnis di Sulawesi Selatan, seperti Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar yang semuanya menggunakan aksara tersebut.

Kemunculan motif lontara pada batik Makassar didasari oleh keinginan untuk melestarikan huruf aksara lontara. Tujuannya tentu saja untuk memperkenalkan kepada generasi selanjutnya agar lebih mengenal dan memahami aksara lontara.

Salah satu pelaku usaha yang mengembangkan motif batik lontara ialah Andi Aisyah Jenny. Sejak 2013 lalu, Aisyah mengembangkan batik lontara miliknya dengan dibantu empat orang pegawainya. Produk batik yang dihasilkan adalah batik tulis dan pakaian batik.

Batik Lontara sendiri merupakan jenis batik Bugis Makassar khas Sulawesi Selatan yang memiliki motif aksara lontara. Bentuk aksara lontara yang unik dan indah dianggap mewakili empat etnis di Sulawesi Selatan, seperti Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar yang semuanya menggunakan aksara tersebut.

Salah satu pelaku usaha yang mengembangkan motif batik lontara ialah Andi Aisyah Jenny. Sejak 2013 lalu, Aisyah mengembangkan batik lontara miliknya dengan dibantu empat orang pegawainya. Produk batik yang dihasilkan adalah batik tulis dan pakaian batik. Batik Lontara bahkan telah dipasarkan hingga mancanegara.

#BatikLontara #Makassar #BatikMakassar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x