HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Melihat Keindahan Jalan Trans Papua yang Hampir Rampung

Selasa, 10 September 2019 | 17:59 WIB

Tim Ring of Fire Adventure (ROFA) melanjutkan perjalanan menuju Habema yang menjadi bagian dari ruas Trans Papua rute Wamena-Habema-Kenyam-Mamugu. Jalan dari Wamena ke Habema terbilang mulus karena sebagian besar sudah beraspal.

Tim ROFA juga mengunjungi Danau Habema, salah satu danau tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai sekitar 3.600 mdpl. Dengan helikopter, tim ROFA melihat jalan trans papua dari Puncak Trikora.

“Selain spektakuler dan indahnya Puncak Trikora bisa memberikan sedikit gambaran bagaimana susahnya kawan-kawan kita, pejuang-pejuang pembangunan membangun jalan Trans Papua di sekitar pegunungan tengah di papua. Dari udara saya dapat melihat dengan jelas jalan Trans Papua ruas Wamena, Kenyam, Nduga, di mana beberapa hari yang lalu kami sekeluarga riding sampai di batas Danau Habema dengan ketinggian sekitar 3.500 sampai 3.600 mdpl.” ujar Executive Producer And Producer ROFA, Youk Tanzil.

Setelah pastikan akan membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Distrik Sota, Merauke, pemerintah juga akan membangun PLBN Keerom. Pasalnya, terdapat lima distrik di wilayah Keerom yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Hari berikutnya, tim ROFA melanjutkan perjalanan ke Jayapura. Salah satu yang dilewati tim ROFA adalah jembatan Holtekamp yang merupakan ikon baru di Papua yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami.

Hadirnya jembatan ini dapat memangkas waktu tempuh dari 2,5 jam menjadi 1 jam. Jalan Trans Papua yang juga dilalui tim ROFA adalah segmen Nabire-Waghete-Enarotali. Panjangnya mencapai sekitar 276 kilometer. Hampir setiap bagian jalan yang dilalui sudah beraspal.

Pada 2014, pengerjaan proyek Trans Papua dihidupkan kembali oleh pemerintahan Jokowi yang membentang dari Kota Sorong di Provinsi Papua Barat hingga Merauke di Provinsi Papua. Kementerian PUPR menargetkan jalan Trans Papua selesai pada 2020 mendatang.

#TransPapua #Papua #rofa

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Nikmati Sejuke Alas Pinus Kalilo

Senin, 17 Februari 2020 | 14:14 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:44
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   DAMPAK DARI VIRUS KORONA, ANGKASA PURA I: JUMLAH PENUMPANG DI BANDARA NGURAH RAI BALI TERGERUS 16,25%   PEMPROV NTT FOKUS TANGANI STUNTING & KEMISKINAN DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA, TIMOR TENGAH SELATAN, DAN KUPANG   PULUHAN TERNAK, TERUTAMA KUDA DI SUMBA TIMUR, NTT, MATI KARENA KELAPARAN AKIBAT KETIADAAN PAKAN   DILEPAS SECARA MILITER, 8 JENAZAH KORBAN HELIKOPTER MI 17 DI PAPUA DIPULANGKAN   POLISI SITA 400 BATANG KAYU MERANTI YANG DIDUGA MERUPAKAN HASIL "ILLEGAL LOGGING" DI SUNGAI LANDAK, KALBAR   MENPERIN AGUS GUMIWANG KARTASASMITA DESAK PEMBENTUKAN LEMBAGA PEMBIAYAAN INDUSTRI   BANK INDONESIA: UTANG LUAR NEGERI INDONESIA SEBESAR RP 5.538 TRILIUN   BPS: NERACA PERDAGANGAN RI PADA JANUARI 2020 DEFISIT 864 JUTA DOLLAR AS   MENKEU SRI MULYANI CAIRKAN DANA BOS TAHAP I SEBESAR RP 9,8 TRILIUN UNTUK 136.579 SEKOLAH   BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL (BATAN) SIAPKAN 100 DRUM ANGKAT SISA ZAT RADIOAKTIF DI TANGERANG SELATAN   PEMERINTAH AKAN TERBITKAN PERPRES PENUTUPAN TAMBANG ILEGAL YANG SEBABKAN BENCANA DAN KERUGIAN BAGI MASYARAKAT   PEMERINTAH MENGHILANGKAN ATURAN MENGENAI IZIN LINGKUNGAN DALAM DRAF RUU "OMNIBUS LAW" CIPTA KERJA