Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jokowi Pamerkan Tol Cisumdawu yang Tembus Perut Gunung

Senin, 9 September 2019 | 17:18 WIB

Inilah jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan Ranca Kalong dan Sumedang, Jawa Barat. Foto pemandangan ini dipamerkan Presiden Jokowi lewat akun Instagramnya.

Tol ini melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter yang tembus perut gunung. Panjangnya 61,5 kilometer yang terdiri dari enam seksi. Seksi 1-3 ditargetkan rampung pada 2020. Sementara itu, seksi 4-6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, sebagian dalam tahap pembebasan pembebasan lahan.

Kendati elok dalam sirobok pandang, namun di balik itu semua tersimpan tantangan berat dengan kompleksitas tinggi dalam membangun jalan tol ini.

Betapa tidak, 150 insinyur dan tenaga konstruksi yang terlibat pekerjaan ini harus bekerja ekstra keras menembus lembah, dan membelah bukit yang beberapa di antaranya merupakan sisa tanah vulkanis dari letusan Gunung Tampomas.

Jokowi harap kehadiran tol ini akan perlancar akses dari Bandung ke Bandara Kertajati di Majalengka serta dukung pengembangan kawasan Segitiga EmasCirebon-Subang-Majalengka.

#TolCisumdawu #TolBaru #Jokowi

Penulis : Desy Hartini





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:52
POLDA ACEH MEMBANTAH INFORMASI SOAL WARGA YANG HENDAK MEMBUAT SIM HARUS MENYERTAKAN SERTIFIKASI VAKSIN   MENKEU SRI MULYANI: DEFISIT APBN MENCAPAI RP 219 TRILIUN PER AKHIR MEI 2021   BI: PENUKARAN UANG PECAHAN KHUSUS RP 75.000 EDISI HUT KEMERDEKAAN RI DITUTUP   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TAK SETUJU USULAN PRESIDEN TIGA PERIODE   KEMENTERIAN ATR/BPN: LEGALISASI ASET PULAU TERKECIL DAN TERLUAR UNTUK KEDAULATAN RI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: 90% TEMPAT TIDUR UNTUK PASIEN COVID-19 DI DKI JAKARTA TELAH TERISI   SUDAH DIVAKSIN SINOVAC DAN VAKSIN NUSANTARA, WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH POSITIF COVID-19   ADA 27 DARI 31 ASRAMA HAJI DI SELURUH INDONESIA SIAP DIGUNAKAN UNTUK PENANGANAN PASIEN COVID-19   KEMENAG PASTIKAN ASRAMA HAJI SIAP DIGUNAKAN UNTUK RUANG ISOLASI PASIEN COVID-19   SATGAS COVID-19 PB IDI SARANKAN PEMERINTAH BERANI COBA TERAPKAN "LOCKDOWN" SELAMA 14 HARI   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN MELAKUKAN PEMBATASAN MOBILITAS DI 10 RUAS JALAN DI JAKARTA SELAMA PPKM MIKRO   PEMERINTAH PERPANJANG PPKM SKALA MIKRO HINGGA 5 JULI 2021   TEKAN KASUS COVID-19, PRESIDEN JOKOWI INSTRUKSIKAN PENGUATAN IMPLEMENTASI PPKM MIKRO DAN PERCEPATAN VAKSINASI   POLRI KOORDINASI DENGAN IMIGRASI TELUSURI PEMALSUAN PASPOR TERPIDANA PEMBALAKAN LIAR ADELIN LIS