Kompas TV nasional sapa indonesia

Idap Penyakit Langka, Sejumlah Jari Balita Terpaksa Diamputasi

Kompas.tv - 9 September 2019, 17:10 WIB

Anak balita di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan banyak menghabiskan kesehariannya di rumah setelah menjalani perawatan medis beberapa pekan lalu karena penyakit yang dideritanya.

Penyakit yang diidap anak balita ini disebut langka hingga membuat sejumlah jari-jari tangan dan kaki terpaksa diamputasi agar sirkulasi darah di tubuhnya lancar. Penyakit yang diderita anaknya terjadi sejak akhir tahun 2018 silam. Anak balita ini awalnya mengeluhkan bengkak pergelangan sendi disertai ngilu. Namun lama-kelamaan kondisinya parah. Kini sang balita harus rutin minum obat-obatan yang diberikan dokter agar penyakitnya tidak kembali kambuh.

Di usianya yang sudah 5 tahun anak balita ini sebelumnya sudah terdaftar sebagai siswa di sekolah taman kanak-kanak. Namun ia terpaksa harus berhenti karena harus menjalani perawatan.

Dinas kesehatan setempat pun telah memberikan upaya bantuan pengobatan medis untuk anak balita ini meski pihaknya belum bisa memastikan atau mendiagnosis penyakit yang dideritanya. Menurut dokter kasus ini baru pertama kali dijumpai di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Dalam masa pengobatannya anak balita ini kemungkinan mengalami gangguan sistem imun pada pembuluh darah sehingga sirkulasi pembuluh darah terganggu. Meski kondisi anak balita ini mulai membaik pihak Puskesmas Muaradua dan dinas kesehatan setempat akan rutin memeriksa kesehatannya agar penyakit yang diidapnya tidak menjalar ke bagian tubuh lain.

#PenyakitLangka #AmputasiJari #Balita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x