HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Netizen Usulkan Jokowi Pakai Esemka sebagai Mobil Kepresidenan

Minggu, 8 September 2019 | 16:04 WIB

Sejak diluncurkan, mobil Esemka terus jadi perbincangan netizen di media sosial. Netizen serukan agar Esemka bisa jadi mobil dinas Presiden Jokowi. Bahkan usulan netizen menjadi trending topic keempat di Twitter.

Esemka memang cukup sering dikaitkan dengan nama Jokowi. Ia pernah gunakan Esemka saat menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Di kepemimpinannya periode 2019-2024, Jokowi akan ditemani mobil dinas baru. Namun bukan Esemka yang terpilih, tapi Mercedes-Benz S 600 Guard yang dipilih langsung oleh pemerintah.

Presiden Jokowi meresmikan pabrik serta sarana dan prasarana PT Esemka atau PT Solo Manufaktur Kreasi pada Jumat, 6 September 2019 di Boyolali, Jawa Tengah. Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi menjajal truk angkutan niaga bernama Esemka Bima yang dikemudikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Dalam peresmian Esemka, Jokowi juga sempat menyaksikan langsung proses perakitan mobil Esemka. Peresmian pabrik PT Esemka dilakukan sebagai bentuk dukungan Jokowi secara pribadi pada pengembangan industri otomotif nasional.

Berdirinya pabrik Esemka menandai langkah dan upaya awal bagi merek Indonesia ini untuk meningkat ke level manufaktur dan membangun industri otomotif lokal. Pabrik baru Esemka ini nantinya akan mendatangkan efek berganda bagi industri-industri lain termasuk industri kecil dan menengah.

Esemka diketahui telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan-perusahaan lokal untuk pengadaan suku cadang kendaraan yang diproduksinya. Selain itu, beroperasinya pabrik Esemka juga dipercaya akan turut menggerakkan ekonomi Kabupaten Boyolali dan sekitarnya.

#Esemka #MobilJokowi #Jokowi

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
18:55
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   RENCANA PENAMBAHAN KAPASITAS PENANGANAN KORONA DI RS BRIMOB POLRI KELAPA DUA DEPOK AKAN BISA MENAMPUNG 200 PASIEN   PENAMBAHAN KAPASITAS PENANGANAN KORONA DI RS BRIMOB POLRI KELAPA DUA DEPOK DITARGETKAN SELESAI PEKAN DEPAN   DALAM SEHARI RSUP PERSAHABATAN JAKARTA MENERIMA 60-80 PASIEN POSITIF KORONA   DIRUT RSUP PERSAHABATAN RITA ROGAYAH: TIDAK SEMUA PASIEN POSITIF KORONA YANG DIRUJUK BISA LANGSUNG DIRAWAT DI RS   SEBANYAK 85% DARI TOTAL 4.000 USAHA CUKUR RAMBUT ASAL GARUT DI JAKARTA TUTUP SEMENTARA AKIBAT KORONA   VOLUME PENUMPANG PADA TRANSPORTASI MASSAL DI JAKARTA AKAN DIKURANGI DALAM PENERAPAN PSBB   PATROLI AKAN DILAKUKAN UNTUK MEMASTIKAN TIDAK ADA KERUMUNAN WARGA SAAT PENERAPAN PSBB DI JAKARTA   PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DI JAKARTA AKAN BERLANGSUNG PADA JUMAT, 10 APRIL 2020   WARGA BINAAN RUTAN DAN LAPAS DIKERAHKAN PRODUKSI APD GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   MENILAI PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA SUDAH SESUAI PROSEDUR, MUI MINTA TAK ADA LAGI PENOLAKAN   KEMENHUB SUSUN PERMENHUB UNTUK PENGENDALIAN MUDIK 2020 DI TENGAH PANDEMI KORONA