Kompas TV video cerita indonesia

Netizen Usulkan Jokowi Pakai Esemka sebagai Mobil Kepresidenan

Kompas.tv - 8 September 2019, 16:04 WIB
Penulis : Desy Hartini

Sejak diluncurkan, mobil Esemka terus jadi perbincangan netizen di media sosial. Netizen serukan agar Esemka bisa jadi mobil dinas Presiden Jokowi. Bahkan usulan netizen menjadi trending topic keempat di Twitter.

Esemka memang cukup sering dikaitkan dengan nama Jokowi. Ia pernah gunakan Esemka saat menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Di kepemimpinannya periode 2019-2024, Jokowi akan ditemani mobil dinas baru. Namun bukan Esemka yang terpilih, tapi Mercedes-Benz S 600 Guard yang dipilih langsung oleh pemerintah.

Presiden Jokowi meresmikan pabrik serta sarana dan prasarana PT Esemka atau PT Solo Manufaktur Kreasi pada Jumat, 6 September 2019 di Boyolali, Jawa Tengah. Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi menjajal truk angkutan niaga bernama Esemka Bima yang dikemudikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Dalam peresmian Esemka, Jokowi juga sempat menyaksikan langsung proses perakitan mobil Esemka. Peresmian pabrik PT Esemka dilakukan sebagai bentuk dukungan Jokowi secara pribadi pada pengembangan industri otomotif nasional.

Berdirinya pabrik Esemka menandai langkah dan upaya awal bagi merek Indonesia ini untuk meningkat ke level manufaktur dan membangun industri otomotif lokal. Pabrik baru Esemka ini nantinya akan mendatangkan efek berganda bagi industri-industri lain termasuk industri kecil dan menengah.

Esemka diketahui telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan-perusahaan lokal untuk pengadaan suku cadang kendaraan yang diproduksinya. Selain itu, beroperasinya pabrik Esemka juga dipercaya akan turut menggerakkan ekonomi Kabupaten Boyolali dan sekitarnya.

#Esemka #MobilJokowi #Jokowi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.