HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

[DIALOG] Panas! Debat Soal Keseriusan Esemka Mengaspal di Dunia Otomotif Nasional

Sabtu, 7 September 2019 | 21:40 WIB

Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik perakitan mobil PT Solo Manufaktur Kreasi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dalam peresmian itu juga diluncurkan mobil pikap yang diberi nama Esemka Bima kemudian ada juga mobil SUV yang diberima nama Esemka Garuda dan minivan.

Jokowi dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga sempat menjajal mobil pikap Esemka Bima. Jokowi mengatakan harga yang ditetapkan perusahaan untuk mobil pikap cukup kompetitif dalam menghadapi persaingan di dalam negeri.

Baru diresmikan model mobil Esemka Bima sudah dimirip-miripkan dengan kendaraan "Changan Star Truck" rakitan Tiongkok baik dari segi eksterior bentuk dan komponen. Meski begitu Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi mengklaim bahwa produksi mobil Esemka murni menggunakan tenaga dari Indonesia.

Lalu bagaimana pemerintah menjawab berbagai tantangan untuk menghadirkan mobil Esemka sebagai karya anak bangsa? Untuk membahasnya sudah hadir Wakil Ketua Komisi VI Inas Nasrullah, Ketua Departemen Politik PKS Pipin Sopian, pengamat sekaligus vlogger otomotif Ridwan Hanif dan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin.

#MobilEsemka #Esemka #RidwanHanif

Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
03:14
PEMERINTAH TIONGKOK AKAN MENGUJI VAKSIN VIRUS KORONA KE HEWAN PADA AKHIR MEI 2020   ANGKA KEMATIAN AKIBAT KORONA DI ITALIA MENCAPAI 12.428 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   KOMITE OLIMPIADE TIONGKOK (COC) DUKUNG KEPUTUSAN PENUNDAAN OLIMPIADE TOKYO 2020 AKIBAT KORONA   NASIB F1 GP INGGRIS 2020 DI TENGAH PANDEMI KORONA AKAN DITENTUKAN PADA AKHIR APRIL 2020   PEMKAB PESISIR SELATAN, SUMBAR, BEBASKAN PAJAK HOTEL, RESTORAN, RUMAH MAKAN, DAN KAFE SELAMA 3 BULAN KARENA KORONA   MATAHARI DEPARTMENT STORE TUTUP SEMENTARA SEMUA GERAINYA HINGGA 13 APRIL 2020 AKIBAT ADANYA VIRUS KORONA   SATU KARYAWANNYA POSITIF TERJANGKIT KORONA, UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA TUTUP LAYANAN SEPEKAN   POLRESTABES MAKASSAR USUT PROVOKATOR PENOLAKAN PEMAKAMAN JENAZAH ANGGOTA DPRD SULAWESI SELATAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA MASYARAKAT TIDAK MENOLAK PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA   PEMPROV DIY TENGAH MENGGODOK BENTUK PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMKOT YOGYAKARTA GANDENG PENGEMUDI OJEK "ONLINE" SALURKAN KEBUTUHAN POKOK WARGA SELAMA MASA DARURAT KORONA   PEMKOT BEKASI PERPANJANG MASA PENGHENTIAN SEMENTARA KEGIATAN PERKANTORAN HINGGA 14 APRIL 2020   PRESIDEN JOKOWI SEBUT RS DARURAT KORONA DI PULAU GALANG, BATAM, AKAN DIJADIKAN PUSAT RISET PENYAKIT MENULAR   KOMISI XI DPR SEGERA BAHAS PERPPU KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DAN STABILITAS SISTEM KEUANGAN UNTUK PENANGANAN KORONA