Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jokowi: Masyarakat Bisa Beli Lahan di Ibu Kota Baru, Kalimantan Timur

Rabu, 4 September 2019 | 16:50 WIB

Pemerintah sudah menyiapkan lahan permukiman untuk masyarakat umum di ibu kota baru Indonesia, Kalimantan Timur. Menurut Presiden Joko Widodo, ada lahan seluas 30.000 hektare yang disediakan untuk masyarakat dari total lahan ibu kota seluas 180.000 hektare. Harga jual lahan dipastikan akan dibuat terjangkau.

"Misalnya kita jual Rp 2 juta per meter saja harganya, kita sudah bisa dapat Rp 600 triliun," ujar Jokowidi Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Presiden Joko Widodo melanjutkan angka tersebut sudah bisa menutup anggaran pembangunan ibu kota baru sebesar Rp 466 triliun. Bila rencana ini terlaksana, bisa jadi sumber pembiayaan lewat APBN tidak diperlukan lagi. Jokowi pun yakin masyarakat akan tertarik bertempat tinggal di ibu kota baru.

"Ini ibu kota negara lho. Siapa yang tidak mau membeli tanah seharga begitu? Mungkin tiga hari (baru dibuka), sudah habis," lanjut Jokowi.

Bukan tanpa alasan pemerintah akan mematok harga yang terjangkau, agar lahan permukiman di ibu kota baru bisa dibeli oleh kaum milenial. Presiden Jokowi juga memastikan lahan hanya bisa dibeli oleh individu, bukan pengembang.

#IbuKotaBaru #IbuKotaPindah #Jokowi

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:53
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO