HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Bola Seleksi Capim KPK di Tangan Presiden, Analis Politik: Menjadi Pertaruhan Bagi Presiden

Selasa, 3 September 2019 | 13:40 WIB

Di tengah kritik dari banyak tokoh dan kalangan koalisi sipil panitia seleksi calon pimpinan KPK menyerahkan 10 nama kepada Presiden Joko Widodo Senin (2/9/2019) kemarin. Ke-10 nama calon pimpinan KPK dipilih oleh pansel berdasarkan hasil tes wawancara dan uji publik terhadap 20 nama peserta seleksi tahap sebelumnya.

Dalam kesempatan itu presiden meminta masukan sejumlah pihak terkait seleksi capim KPK dijadikan catatan dan menyatakan tidak tergesa-gesa agar nama calon pimpinan KPK yang nanti akan disampaikan ke DPR betul-betul merupakan nama yang layak dan patut. Namun demikian pansel capim KPK sendiri menyatakan presiden mengisyaratkan setuju dengan 10 nama itu dan tinggal diserahkan ke DPR.

Panitia seleksi calon pimpinan KPK telah resmi menyerahkan 10 nama hasil tes wawancara dan uji publik kepada presiden joko widodo. Sebelumnya sejumlah tokoh dan kalangan koalisi sipil telah melontarkan kritik dan mendesak presiden untuk tidak memilih calon pimpinan KPK yang bermasalah. Kini bola di tangan presiden lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengawal kelangsungan KPK? Kita bahas bersama anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu, Sekretaris Jenderal Tranparency International Indonesia Dadang Trisasongko dan analis politik Ray Rangkuti.

#CalonPimpinanKPK #PresidenJokoWidodo #DPR

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
15:01
PREMIER LEAGUE: 4 ORANG DARI 3 KLUB DINYATAKAN POSITIF KORONA    PREMIER LEAGUE: 1.008 PEMAIN DAN STAF TELAH MELAKUKAN TES KORONA   KEPOLISIAN HONG KONG MENANGKAP 300 PENGUNJUK RASA YANG MENENTANG PEMBERLAKUAN UU KEAMANAN NASIONAL    KEMENLU: HAMPIR 79.000 WNI TELAH KEMBALI DARI MALAYSIA   JUMLAH KASUS KORONA DI NUSA TENGGARA BARAT: 537 POSITIF, 272 SEMBUH, 9 MENINGGAL DUNIA   DINKES NTB: ADA 77 KASUS ANAK POSITIF KORONA, DIDOMINASI PASIEN ANAK BALITA   OMBUDSMAN SUMSEL INVESTIGASI PEMECATAN 109 TENAGA KESEHATAN RSUD OGAN ILIR OLEH BUPATI ILYAS PANJI ALAM   DISPAREKRAF DKI AKAN BUKA TEMPAT WISATA DAN HIBURAN DI JAKARTA SECARA BERTAHAP   POLDA METRO JAYA SIAPKAN 3.987 PERSONEL UNTUK PELAKSANAAN PROTOKOL TATANAN NORMAL BARU   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMERINTAH SIAPKAN RP 34 TRILIUN UNTUK RELAKSASI PEMBAYARAN ANGSURAN   PRESIDEN JOKOWI MINTA JAJARANYA PASTIKAN PETANI, BURUH TANI, NELAYAN, DAN PETAMBAK MASUK DALAM BANTUAN SOSIAL   DPR MINTA PEMERINTAH TRANSPARAN SOAL DATA KORONA SEBELUM TERAPKAN KENORMALAN BARU   SERIKAT BURUH MIGRAN INDONESIA: ILO 188 JADI KUNCI SEKALIGUS PERLINDUNGAN ABK DARI PERBUDAKAN DI KAPAL IKAN   SERIKAT BURUH MIGRAN INDONESIA DESAK PEMERINTAH RATIFIKASI KONVENSI ILO 188 TAHUN 2007 TENTANG PEKERJA DI KAPAL IKAN