Kompas TV nasional sapa indonesia

Seleksi Capim KPK di Tangan Presiden, Bagaimana Mengawal Kelangsungan KPK?

Kompas.tv - 3 September 2019, 13:30 WIB

Di tengah kritik dari banyak tokoh dan kalangan koalisi sipil panitia seleksi calon pimpinan KPK menyerahkan 10 nama kepada Presiden Joko Widodo Senin (2/9/2019) kemarin. Ke-10 nama calon pimpinan KPK dipilih oleh pansel berdasarkan hasil tes wawancara dan uji publik terhadap 20 nama peserta seleksi tahap sebelumnya.

Dalam kesempatan itu presiden meminta masukan sejumlah pihak terkait seleksi capim KPK dijadikan catatan dan menyatakan tidak tergesa-gesa agar nama calon pimpinan KPK yang nanti akan disampaikan ke DPR betul-betul merupakan nama yang layak dan patut. Namun demikian pansel capim KPK sendiri menyatakan presiden mengisyaratkan setuju dengan 10 nama itu dan tinggal diserahkan ke DPR.

Panitia seleksi calon pimpinan KPK telah resmi menyerahkan 10 nama hasil tes wawancara dan uji publik kepada Presiden Joko Widodo. Sebelumnya sejumlah tokoh dan kalangan koalisi sipil telah melontarkan kritik dan mendesak presiden untuk tidak memilih calon pimpinan KPK yang bermasalah. Kini bola di tangan presiden, lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengawal kelangsungan KPK? Bayu Sutiyonomembahasnya bersama anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu, Sekretaris Jenderal Tranparency International Indonesia Dadang Trisasongko dan analis politik Ray Rangkuti di Sapa Indonesia.

#CalonPimpinanKPK #PresidenJokoWidodo #DPR



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.