Kompas TV nasional sapa indonesia

Pencari Suaka Terkatung-Katung Tanpa Listrik & Air

Kompas.tv - 3 September 2019, 11:45 WIB

Seperti inilah kondisi para pencari suaka yang menempati gedung eks Kodim Kalideres Jakarta Barat pada Minggu (1/9/2019) malam. Sejumlah pencari suaka masih bersikeras menempati gedung eks Kodim meski gedung milik Pemprov DKI Jakarta ini sudah tak dialiri listrik dan pasokan air sejak Sabtu (31/8/2019) lalu. Para pencari suaka pun mengandalkan toilet umum terdekat. Sementara untuk kebutuhan makan sehari-hari para pencari suaka masih menerima bantuan makanan dari para donatur.

Sebelumnya lebih dari 400 pencari suaka menolak untuk pindah dari gedung eks Kodim. Mereka mengaku memilih bertahan karena bantuan dana yang diberikan oleh UNHCR sebesar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta tidak cukup untuk menyewa tempat tinggal. Selain di dalam gedung eks Kodim para pencari suaka ini juga mendirikan tenda di trotoar. Keadaan inilah yang sempat dikeluhkan warga sekitar.

Sementara itu berdasarkan ketentuan para pencari suaka ini sebenarnya hanya memiliki izin tinggal di gedung eks Kodim hingga 31 Agustus 2019. Beberapa pencari suaka yang mengikuti ketentuan ini telah dipindah oleh UNHCR ke wilayah Tebet dan Bogor.

#PencariSuaka #Kalideres



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x