Kompas TV nasional aiman

Sah! Ibu Kota RI Pindah ke kaltim | Menelisik Ibu Kota Baru - AIMAN (1)

Kompas.tv - 30 Agustus 2019, 17:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

Sinyal pindah ibu kota semakin sering diungkap Presiden. Pada pidato kenegaraan 16 Agustus lalu, bahkan Jokowi secara resmi meminta ijin parlemen memindahkan Ibu kota ke Kalimantan. Dimana lokasinya? Dan apa pertimbangannya?

Akhirnya, 26 Agustus 2019, Presiden RI Joko Widodo, mengumumkan sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan menjadi Ibu Kota baru. Terpilihnya Kalimantan Timur bisa jadi bukan tanpa sebab. Kalimantan Timur memiliki sejumlah kriteria yang dianggap layak menjadi ibu kota negara, diantaranya lokasi strategis berada di tengah wilayah Indonesia hingga minim potensi bencana alam.

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono mengunjungi PPU dan Kukar untuk melihat kesiapan kedua kabupaten tersebut menjadi ibu kota negara. Ditemani Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud, Aiman menjelajahi laut dan hutan, menyambangi pusat kota dan melihat proyek-proyek infrastruktur. Sementara, untuk mendapat “bocoran” informasi, Aiman juga mewawancarai Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, yang ternyata beberapa pekan terakhir sibuk melakukan rapat koordinasi dengan Bappenas, badan negara yang melakukan kajian perpindahan Ibu Kota.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x