HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Bisa Dibatalkan Jika DPR Tidak Sepakat

Kamis, 29 Agustus 2019 | 13:59 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyebut, rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur bisa dibatalkan apabila fraksi-fraksi di DPR tak sepakat rencana itu.

Selain itu, kata dia, pemindahan ibu kota bisa dibatalkan karena ada urusan yang lebih mendesak pada tahun mendatang.

"Bisa saja tetap di Jakarta kok. Apalagi tiba-tiba nanti tahun depan urusannya sudah lain, mati listrik lagi misalnya. Orang juga lupa ya kan, nanti liat sajalah apa yang saya omongin hari ini," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Fadli pun meragukan tekad presiden untuk memindahkan ibu kota. Ia memprediksi, keputusan pemindahan ibu kota itu bisa berubah setelah dilakukannya kajian yang mendalam.

"Pernyataan Presiden itu kan niat, belum tentu niat yang mutlak. Bisa saja setelah di jalan melalui kajian yang mendalam, itu bisa berubah, kenapa tidak gitu," ucap dia.

Presiden Joko Widodo mengumumkan ibu kota baru berada di Kalimantan dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan bahwa keputusan ini dilakukan setelah pemerintah melakukan kajian intensif.

#IbuKotaBaru #IbuKotaPindah #Kalimantan

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

KOMPAS SPORT

Jelang Persija VS Geylang International

Minggu, 23 Februari 2020 | 08:52 WIB
SAPA INDONESIA

Monas Terancam Gara-Gara Formula E?

Minggu, 23 Februari 2020 | 02:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:07
CEDERA OTOT, PEMAIN CHELSEA, N'GOLO KANTE, ABSEN TIGA PEKAN   ZINEDINE ZIDANE YAKIN PERPANJANGAN KONTRAK SERGIO RAMOS SEGERA RAMPUNG   AC MILAN DAN FIORENTINA BERMAIN IMBANG DENGAN SKOR 1-1 PADA LAGA PEKAN KE-25 SERIE A   PM ITALIA TUNDA EMPAT PERTANDINGAN SEPAK BOLA SERIE A KARENA VIRUS KORONA   LEVANTE MENANG ATAS REAL MADRID DENGAN SKOR 1-0 PADA LAGA PEKAN KE-25 LA LIGA   INDIA SIAP SAMBUT KEDATANGAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT DONALD TRUMP   KOMISI X DPR IMBAU SEKOLAH BERHATI-HATI SEBELUM MEMUTUSKAN KEGIATAN DI LUAR RUANGAN   MENSOS JULIARI BATUBARA: KELUARGA KORBAN SUSUR SUNGAI SEMPOR, SLEMAN, MENINGGAL DAPAT SANTUNAN RP 15 JUTA   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TANGKAP KAPAL ASING BERBENDERA MALAYSIA DI SELAT MALAKA PADA 22 FEBRUARI 2020   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN AKAN TINGKATKAN KESEJAHTERAAN AWAK KAPAL PENGAWAS PERIKANAN   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA SAMBUT BAIK PEMBANGUNAN MUSEUM DAN GALERI SBY-ANI DI KABUPATEN PACITAN   PRESIDEN KEENAM SUSILO BAMBANG YUDHOYONO BANGUN MUSEUM DAN GALERI SENI SBY-ANI DI PACITAN, JATIM   BMKG: JAWA TIMUR MASUK PUNCAK MUSIM HUJAN   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN TAMBAH 45 KAMERA TILANG ELEKTRONIK (ETLE) PADA MARET 2020