Kompas TV video cerita indonesia

Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Bisa Dibatalkan Jika DPR Tidak Sepakat

Kompas.tv - 29 Agustus 2019, 13:59 WIB
Penulis : Desy Hartini

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyebut, rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur bisa dibatalkan apabila fraksi-fraksi di DPR tak sepakat rencana itu.

Selain itu, kata dia, pemindahan ibu kota bisa dibatalkan karena ada urusan yang lebih mendesak pada tahun mendatang.

"Bisa saja tetap di Jakarta kok. Apalagi tiba-tiba nanti tahun depan urusannya sudah lain, mati listrik lagi misalnya. Orang juga lupa ya kan, nanti liat sajalah apa yang saya omongin hari ini," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Fadli pun meragukan tekad presiden untuk memindahkan ibu kota. Ia memprediksi, keputusan pemindahan ibu kota itu bisa berubah setelah dilakukannya kajian yang mendalam.

"Pernyataan Presiden itu kan niat, belum tentu niat yang mutlak. Bisa saja setelah di jalan melalui kajian yang mendalam, itu bisa berubah, kenapa tidak gitu," ucap dia.

Presiden Joko Widodo mengumumkan ibu kota baru berada di Kalimantan dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan bahwa keputusan ini dilakukan setelah pemerintah melakukan kajian intensif.

#IbuKotaBaru #IbuKotaPindah #Kalimantan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x