HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 top 3 news

TOP 3 News 26 Agustus 2019: Kaltim Ibu Kota Baru, Anies Bertemu BTP, Polisi yang Terbakar Meninggal

Senin, 26 Agustus 2019 | 23:06 WIB

Berikut rangkuman berita pilihan Kompas TV dalam TOP 3 NEWS:

1. Presiden Joko Widodo mengumumkan Kalimantan Timur menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia. Ibu kota ini berada di perbatasan antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.
Menurut presiden, lokasi ibu kota baru sangat strategis karena berada di tengah-tengah Indonesia. Kawasan ini juga minim bencana seperti banjir, gempa bumi, tsunami, hingga kebakaran hutan.

Terakhir, ibu kota baru ini juga telah memiliki infrastruktur yang relatif lengkap dan tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180 ribu hektar. Ibu kota baru Indonesia berada di sebelah utara Kabupaten Penajam Paser Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Salah satu daerah yang sempat dipertimbangkan adalah area utara pesisir di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku di Kutai Kartanegara. Presiden menegaskan pemindahan ini untuk juga untuk menekan beban Jakarta dan Pulau Jawa. Kepala Banpenas Bambang Brodjonegoro menyebut pembangunan infrastruktur di ibu kota negara yang baru akan dimulai pada akhir tahun 2020. Pembangunan di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara akan dilakukan sesuai dengan kajian yang telah dilakukan oleh pemerintah.

Pada 2020 pemerintah akan merampungkan desain bangunan hingga dasar ketentuan hokum. Sehingga pembangun infrastruktur mulai bisa dilakukan pada akhir tahun 2020. Pimpinan DPR telah menerima surat pengantar dari Presiden Joko Widodo terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Namun DPR RI masih menunggu pengajuan revisi undang undang usulan pemerintah soal berpindahnya ibu kota.
Surat pindah ibu kota akan dibacakan pada rapat sidang paripurna, besok, Selasa 27 agustus 2019.

2. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini bertemu dengan mantan gubernur DKI Jakarta yang juga polititisi pdi perjuangan Basuki Tjahaja Purnama. Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama tak hanya bertemu tetapi sempat berbincang beberapa saat di gedung DPRD DKI Jakarta. Keduanya tampak berbincang setalah acara pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024.


Tak hanya Basuki Tjahaja Purnama pelantikan DPRD DKI Jakarta juga dihadiri Djarot Saiful Hidayat dan mantan gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.106 anggota DPRD DKI Jakarta dilantik melalui rapat paripurna.
Anggota DPRD yang terpilih melalui pemilihan legislatif 2019 dilantik dengan pengambilan sumpah jabatan.

Beberapa wajah baru masuk menjadi anggota DPRD DKI jakarta untuk 5 tahun mendatang. Basuki Tjahaja Purnama yang menghadiri pelantikan DPRD DKI Jakarta menjawab isu dirinya dikaitkan dengan pencalonan wali kota Surabaya. BTP menyatakan belum ada pembicaraan tentang hal itu.

3. Anggota Polres Cianjur yang terbakar saat bertugas mengawal unjukrasa meninggal senin dini hari tadi. Ia meninggal setelah dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta, pusat selama 9 hari.

Ipda Erwin Yudha Wildani meninggal diduga karena luka bakar di tubuhnya secara keseluruhan yang mencapai 72%. Luka bakar ini menyebabkan pembengkakan pada saluran pernapasannya.

Sementara itu, dua polisi lainnya yang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung kondisinya semakin membaik. Sebelumnya mereka mengeluhkan kesulitan tidur dan menderita masalah pencernaan pasca operasi pencangkokan kulit. Jika kondisi terus membaik, kedua polisi yang terbakar saat mengamankan unjuk rasa di Cianjur ini diperbolehkan pulang.

Polda Jawa Barat telah menetapkan 5 mahasiswa sebagai tersangka dalam kasus polisi yang terbakar saat mengamankan unjuk rasa di Cianjur. Karena ada 1 anggota polisi yang meninggal maka dalam proses penyidikan akan ditambahkan unsur pasal yang menyebabkan korban meninggal dunia.

#Top3News #BeritaTerpopuler

Penulis : Idham Saputra | Editor : Herwanto




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
02:19
PEKAN DEPAN, BALEG DPR AKAN BENTUK PANITIA KERJA UNTUK BAHAS DRAF "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA   KETUA KOMISI III DPR HERMAN HERY BANTAH PEMBAHASAN RKUHP & RUU PEMASYARAKATAN AKAN DIKEBUT DALAM SEPEKAN   EVI NOVIDA GINTING SAMPAIKAN SURAT KEBERATAN ATAS KEPPRES YANG BERHENTIKAN DIRINYA SEBAGAI KOMISIONER KPU   KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA DESAK PELAKU IMPORTIR SEGERA REALISASIKAN IMPOR BAWANG PUTIH   MENKES ISRAEL YAAKOV LITZMAN DINYATAKAN POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO IMBAU MASYARAKAT TAK KUCILKAN TENAGA MEDIS YANG TANGANI PASIEN KORONA   GUBERNUR RIAU SYAMSUAR TINGKATKAN STATUS SIAGA MENJADI TANGGAP DARURAT VIRUS KORONA   IAKMI NILAI KEBIJAKAN "SOCIAL DISTANCING" UNTUK CEGAH VIRUS KORONA BELUM BERJALAN DENGAN BAIK   MENDAGRI TITO KARNAVIAN INSTRUKSIKAN KEPALA DAERAH ISOLASI TKI DARI MALAYSIA YANG MEMILIKI GEJALA VIRUS KORONA   KPK BENTUK TIM KHUSUS UNTUK AWASI PENGGUNAAN ANGGARAN PENANGANAN VIRUS KORONA   POLRI TANGANI 70 KASUS HOAKS TERKAIT VIRUS KORONA PER 2 APRIL 2020   MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO: HAMPIR 8.500 VENTILATOR DIDISTRIBUSIKAN KE SEMUA RS RUJUKAN KORONA DI INDONESIA   PEMPROV DKI JAKARTA BUAT LABORATORIUM UNTUK PERCEPAT TES VIRUS KORONA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TUNGGU ARAHAN MUI SOAL KEBIJAKAN BERIBADAH SELAMA BULAN RAMADAN