Kompas TV video top 3 news

TOP 3 News 26 Agustus 2019: Kaltim Ibu Kota Baru, Anies Bertemu BTP, Polisi yang Terbakar Meninggal

Kompas.tv - 26 Agustus 2019, 23:06 WIB
Penulis : Herwanto | Editor : Idham Saputra

Berikut rangkuman berita pilihan Kompas TV dalam TOP 3 NEWS:

1. Presiden Joko Widodo mengumumkan Kalimantan Timur menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia. Ibu kota ini berada di perbatasan antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.
Menurut presiden, lokasi ibu kota baru sangat strategis karena berada di tengah-tengah Indonesia. Kawasan ini juga minim bencana seperti banjir, gempa bumi, tsunami, hingga kebakaran hutan.

Terakhir, ibu kota baru ini juga telah memiliki infrastruktur yang relatif lengkap dan tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180 ribu hektar. Ibu kota baru Indonesia berada di sebelah utara Kabupaten Penajam Paser Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Salah satu daerah yang sempat dipertimbangkan adalah area utara pesisir di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku di Kutai Kartanegara. Presiden menegaskan pemindahan ini untuk juga untuk menekan beban Jakarta dan Pulau Jawa. Kepala Banpenas Bambang Brodjonegoro menyebut pembangunan infrastruktur di ibu kota negara yang baru akan dimulai pada akhir tahun 2020. Pembangunan di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara akan dilakukan sesuai dengan kajian yang telah dilakukan oleh pemerintah.

Pada 2020 pemerintah akan merampungkan desain bangunan hingga dasar ketentuan hokum. Sehingga pembangun infrastruktur mulai bisa dilakukan pada akhir tahun 2020. Pimpinan DPR telah menerima surat pengantar dari Presiden Joko Widodo terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Namun DPR RI masih menunggu pengajuan revisi undang undang usulan pemerintah soal berpindahnya ibu kota.
Surat pindah ibu kota akan dibacakan pada rapat sidang paripurna, besok, Selasa 27 agustus 2019.

2. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini bertemu dengan mantan gubernur DKI Jakarta yang juga polititisi pdi perjuangan Basuki Tjahaja Purnama. Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama tak hanya bertemu tetapi sempat berbincang beberapa saat di gedung DPRD DKI Jakarta. Keduanya tampak berbincang setalah acara pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024.


Tak hanya Basuki Tjahaja Purnama pelantikan DPRD DKI Jakarta juga dihadiri Djarot Saiful Hidayat dan mantan gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.106 anggota DPRD DKI Jakarta dilantik melalui rapat paripurna.
Anggota DPRD yang terpilih melalui pemilihan legislatif 2019 dilantik dengan pengambilan sumpah jabatan.

Beberapa wajah baru masuk menjadi anggota DPRD DKI jakarta untuk 5 tahun mendatang. Basuki Tjahaja Purnama yang menghadiri pelantikan DPRD DKI Jakarta menjawab isu dirinya dikaitkan dengan pencalonan wali kota Surabaya. BTP menyatakan belum ada pembicaraan tentang hal itu.

3. Anggota Polres Cianjur yang terbakar saat bertugas mengawal unjukrasa meninggal senin dini hari tadi. Ia meninggal setelah dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta, pusat selama 9 hari.

Ipda Erwin Yudha Wildani meninggal diduga karena luka bakar di tubuhnya secara keseluruhan yang mencapai 72%. Luka bakar ini menyebabkan pembengkakan pada saluran pernapasannya.

Sementara itu, dua polisi lainnya yang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung kondisinya semakin membaik. Sebelumnya mereka mengeluhkan kesulitan tidur dan menderita masalah pencernaan pasca operasi pencangkokan kulit. Jika kondisi terus membaik, kedua polisi yang terbakar saat mengamankan unjuk rasa di Cianjur ini diperbolehkan pulang.

Polda Jawa Barat telah menetapkan 5 mahasiswa sebagai tersangka dalam kasus polisi yang terbakar saat mengamankan unjuk rasa di Cianjur. Karena ada 1 anggota polisi yang meninggal maka dalam proses penyidikan akan ditambahkan unsur pasal yang menyebabkan korban meninggal dunia.

#Top3News #BeritaTerpopuler



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x