HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jokowi Duga Ada Penumpang Gelap di Kekeruhan Isu Papua

Kamis, 22 Agustus 2019 | 17:42 WIB

“"Ya bisa saja dalam sebuah peristiwa itu ada yang membonceng, ada penumpang gelap, biasalah menurut saya, tetapi yang paling penting TNI Polri sudah bisa menyelesaikan persoalan, mengatasi persoalan di lapangan” ujar Presiden Joko Widodo.

Pernyataan Presiden Jokowi ini soal dugaan adanya penumpang gelap dalam kekeruhan isu Papua yang berujung aksi protes dan kerusuhan di Papua dan Papua Barat pada Senin, 19 Agustus 2019 lalu. Namun, Presiden Jokowi tak merinci lebih jauh penumpang gelap yang dimaksud. Menurut Jokowi, yang paling penting TNI Polri sudah bisa menyelesaikan persoalan yang ada di lapangan.

Ia pun memastikan langkah-langkah hukum akan dilakukan kepada semua pihak yang bertanggung jawab. Namun, Jokowi kembali mengingatkan, hal yang terpenting adalah saling memaafkan.

Jokowi juga menegaskan, Provinsi Papua dan Papua Barat akan menjadi proritas untuk lebih diperhatikan di masa pemerintahannya. Menurut Jokowi, pembangunan di era pemerintahannya, tak lagi Jawa-sentris, tetapi merata di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan massa di Papua dan Papua Barat sebagai buntut insiden kasus persekusi dan tindakan rasisme terhadap mahasiwa asal Papua di Surabaya, Jawa Timur. Kericuhan terjadi di Manokwari dan Sorong pada Senin (19/9/2019) serta Fakfak, dan Timika, Rabu (21/8/2019). Di Manokwari, kerusuhan menyebabkan terbakarnya gedung DPRD. Massa juga memblokade sejumlah titik jalan. Di Timika, demonstran melempar batu ke arah Gedung DPRD setempat. Sementara di Jayapura terjadi unjuk rasa memprotes insiden di Surabaya. Unjuk rasa sempat memanas meski tak berujung rusuh.

#jokowi #penumpanggelap #kerusuhanpapua

Editor : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:22
SATGAS WASPADA INVESTASI OJK NORMALISASI 35 DARI 50 KOPERASI YANG DIDUGA MEMILIKI APLIKASI DARING ILEGAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TARGETKAN PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG SELESAI PADA SEPTEMBER 2022   KEMENKES IRAN MELAPORKAN 2.189 KASUS BARU KORONA DALAM WAKTU 24 JAM   PEMERINTAH KOREA SELATAN KEMBALI MENUTUP SEKOLAH SETELAH MELAPORKAN KASUS KORONA KEMBALI NAIK   DISHUB DKI: PEMERIKSAAN SIKM DITERAPKAN HINGGA PENETAPAN KORONA SEBAGAI BENCANA NASIONAL DINYATAKAN SELESAI   BANYAK PELANGGARAN SELAMA PSBB, KAPOLDA METRO JAYA: PENGAWASAN PASAR TRADISIONAL DIPERKETAT SAAT "NEW NORMAL"   KAPOLDA METRO JAYA: PASAR TRADISIONAL JADI SALAH SATU LOKASI YANG BANYAK TERJADI PELANGGARAN SELAMA PSBB   PEMERINTAH PERPANJANG MASA PEMBERIAN BANSOS BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI HINGGA DESEMBER 2020   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19: KASUS KORONA DI KOTA AMBON MERUPAKAN TERTINGGI DI PROVINSI MALUKU   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MENGIMBAU WARGANYA TAK EUFORIA SELAMA MENJALANI "NEW NORMAL"   PEMPROV DKI TEGASKAN SELURUH RUMAH IBADAH HARUS TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA "NEW NORMAL"   PEMPROV DKI AKAN BUKA KEMBALI SELURUH TEMPAT IBADAH SAAT "NEW NORMAL" DITERAPKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN PASTIKAN TAK ADA PEMBANGUNAN BARU DI JAKARTA TAHUN INI   KEMENKES MINTA PANDUAN "NEW NORMAL" DISESUAIKAN DENGAN KONDISI MASING-MASING PERUSAHAAN