HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Terungkap! Seperti Inilah Desain Ibu Kota Baru RI di Kalimantan

Rabu, 21 Agustus 2019 | 17:30 WIB

Sebuah dokumen bertajuk "Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara" beredar. Di dalam dokumen tersebut termuat wajah baru ibu kota negara. Kalimantan telah disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai lokasi pengganti DKI Jakarta untuk ibu kota Indonesia. Namun, Presiden masih merahasiakan lokasi dan provinsi spesifik yang bakal menjadi ibu kota baru.

Dokumen tersebut berlogo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sudutnya. Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja membenarkan dokumen tersebut. Namun, ia memastikan bahwa dokumen yang beredar masih sebatas gagasan.

Setidaknya ada tiga pendekatan yang dijabarkan dari visi yang ada. Pertama, mencerminkan identitas bangsa. Dalam hal ini identitas bangsa akan diterjemahkan dalam urban design secara filosofis dari pilar-pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Identitas bangsa akan tergambar melalui desain morfologi dan fungsi-fungsi kota. Kemudian, ruang-ruang bagi aktivitas masyarakat yang mendorong prinsip gotong royong dan fungsi-fungsi serta wadah yang melestarikan sejarah dan budaya bangsa.

Sebagai visualisasi gagasannya, akan dibangun sebuah lapangan lengkap dengan Monumen Pancasila di tengahnya. Lapangan tersebut berada di kawasan inti pusat pemerintahan berbentuk lingkaran yang di bagian tengah terdapat bintang dan sebuah menara tinggi menjulang.

Pendekatan kedua ialah mewujudkan keberlanjutan sosial-ekonomi-lingkungan. Sebagai outcome dari integrasi ketiga aspek tersebut, pembangunan yang dilakukan akan meminimalkan intervensi terhadap alam.

Selain itu, ada lima pemikiran lain, yakni mengintegrasikan ruang-ruang hijau dan biru; mempertahankan keberadaan hutan Kalimantan (city in the forest); memperbanyak public dan community spaces; mengadopsi new urbanism dan green building/infrastructure; terakhir, kualitas ruang yang mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat.

Visualisasi gagasan yang dilakukan ialah dengan menghadirkan integrasi ruang hijau dan biru di mana geometri kawasan disesuaikan berdasarkan kearifan lokal. Adapun ruang terbuka publik akan mengusung konsep dapat diakses oleh seluruh kalangan. Nanti, Istana Negara akan berada tepat di depan Monumen Pancasila di mana sekelilingnya terdapat ruang terbuka hijau atau kawasan hutan. Selain itu, juga terdapat danau buatan yang cukup besar di bagian belakangnya.

Di sisi kiri bagian belakang Istana Negara terdapat kompleks rumah dinas menteri yang mengelilingi sebuah area ruang terbuka hijau yang cukup luas. Di sisi kanan bagian belakang terdapat Markas Besar TNI/Polri di mana terdapat sebuah danau buatan di sampingnya.

Pendekatan terakhir ialah dengan mewujudkan kota cerdas dan modern berstandar internasional. Kelak, IKN bakal menjadi kota yang compact, mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).

#DesainIbuKota #IbuKotaIndonesia #IbuKotaPindah

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

News Vlog

Vlog : Ketua KPK masak Nasi Goreng

Selasa, 21 Januari 2020 | 00:58 WIB
Rumah Pemilu

Rian Ernest Terancam Gagal

Senin, 20 Januari 2020 | 23:38 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:05
ATLET LARI LALU M ZOHRI PERGI KE TIONGKOK UNTUK PERSIAPAN JELANG OLIMPIADE 2020   PETENIS NOVAK DJOKOVIC RAIH KEMENANGAN KE-900 DI SEKTOR TUNGGAL PUTRA SETELAH MENANG DI AUSTRALIA OPEN 2020   KIPER MANCHESTER UNITED, SERGIO ROMERO, MENGALAMI KECELAKAAN MOBIL DI CARRINGTON, INGGRIS   IRAN BELUM BERENCANA MENGIRIM KOTAK HITAM PESAWAT BOEING 737 UKRAINA UNTUK DIANALISIS DI PERANCIS ATAU UKRAINA   PM MALAYSIA MAHATHIR MOHAMAD MENCABUT ATURAN KONTROVERSIAL MENGENAI PEMAKAIAN SEPATU WARNA HITAM BAGI PELAJAR   PEMBANGUNAN KAWASAN TERPADU MARINA LABUAN BAJO MILIK PT ASDP INDONESIA FERRY MENELAN DANA RP 600 MILIAR   CHEVRON INDONESIA RUGI RP 23 MILIAR AKIBAT 72 KASUS PENCURIAN MINYAK PADA 2019   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN MINTA WAKTU UNTUK TELUSURI DUGAAN OKNUM OJK YANG TERLIBAT KASUS JIWASRAYA   SEBELUMNYA, KEJAGUNG MINTA BADAN PERTANAHAN NASIONAL MEMBLOKIR 156 BIDANG LAHAN MILIK BENNY TJOKRO   KEJAGUNG SEBUT JUMLAH TANAH MILIK DIRUT PT HANSON INTERNATIONAL BENNY TJOKRO YANG AKAN DIBLOKIR BERTAMBAH   ICW DAN TRANSPARENCY INTERNATIONAL INDONESIA MENILAI VONIS 2 TAHUN PENJARA TERHADAP ROMAHURMUZIY TERLALU RINGAN   ICW MINTA KPK TELUSURI ADANYA INFORMASI BOHONG SOAL HARUN MASIKU DI LUAR NEGERI   KPK TELAH MEMASUKAN NAMA HARUN MASIKU KE DALAM DPO   MANTAN MENTERI KP SUSI PUDJIASTUTI TAK SETUJU RENCANA PEMERINTAH KIRIM NELAYAN PANTURA KE NATUNA