Kompas TV video cerita indonesia

Mentega dari Buah Tengkawang Khas Kalimantan Barat

Kompas.tv - 21 Agustus 2019, 19:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

Di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, masyarakat berhasil mengolah buah tengkawang menjadi mentega padat. Tengkawang merupakan salah satu pohon yang menjadi khas masyarakat Kalimantan Barat.

Buah tengkawang yang dikumpulkan masyarakat dari hutan adat di sekitar desa, dikeringkan dan disalai atau diasapi. Tengkawang kemudian digiling dan dipress menggunakan alat sehingga menjadi mentega.

Mentega dari tengkawang ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti menggoreng hingga membuat kue. Rasanya bahkan diklaim lebih gurih dari pada mentega pada umumnya.

Pengolahan tengkawang menjadi mentega meningkatkan nilai jualnya. Biasanya buah tengkawang hanya dijual Rp 2.000 – Rp 3.000 per kilogram. Setelah diolah menjadi mentega, harganya mencapai Rp 100.000 per kilogram.

Kelompok tani yang terdiri dari 50 orang anggota ini berharap ada bantuan dari pemerintah sehingga pengolahan mentega tengkawang ini bisa terus berkembang.

#MentegaTengkawang #Tengkawang #KalimantanBarat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.