Kompas TV klik360 cerita indonesia

Mentega dari Buah Tengkawang Khas Kalimantan Barat

Rabu, 21 Agustus 2019 | 19:00 WIB

Di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, masyarakat berhasil mengolah buah tengkawang menjadi mentega padat. Tengkawang merupakan salah satu pohon yang menjadi khas masyarakat Kalimantan Barat.

Buah tengkawang yang dikumpulkan masyarakat dari hutan adat di sekitar desa, dikeringkan dan disalai atau diasapi. Tengkawang kemudian digiling dan dipress menggunakan alat sehingga menjadi mentega.

Mentega dari tengkawang ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti menggoreng hingga membuat kue. Rasanya bahkan diklaim lebih gurih dari pada mentega pada umumnya.

Pengolahan tengkawang menjadi mentega meningkatkan nilai jualnya. Biasanya buah tengkawang hanya dijual Rp 2.000 – Rp 3.000 per kilogram. Setelah diolah menjadi mentega, harganya mencapai Rp 100.000 per kilogram.

Kelompok tani yang terdiri dari 50 orang anggota ini berharap ada bantuan dari pemerintah sehingga pengolahan mentega tengkawang ini bisa terus berkembang.

#MentegaTengkawang #Tengkawang #KalimantanBarat

Editor : Desy Hartini



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Bisnis Kuliner Sehat Tetap Eksis

Jumat, 14 Agustus 2020 | 16:17 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:28
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   PEMIMPIN KOREA UTARA KIM JONG UN TOLAK BANTUAN INTERNASIONAL TERKAIT COVID-19   KAPOLRES METRO JAKUT SEBUT TIGA PROYEKTIL MENGENAI TUBUH KORBAN PENEMBAKAN DI KELAPA GADING   KETUM PARTAI BERKARYA HUTOMO MANDALA PUTRA TOLAK DAN TIDAK AKUI MUNASLUB KUBU MUCHDI PR   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT B PANDJAITAN TEGASKAN PEMERINTAH SELALU AMBIL KEPUTUSAN SECARA TERUKUR    BRASIL MENCATAT 1.262 KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DALAM 24 JAM TERAKHIR   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA PEMKOT DEPOK PERKUAT DISIPLIN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KASAD JENDERAL ANDIKA PERKASA SEBUT PASIEN COVID-19 DI SECAPA ANGKATAN DARAT TINGGAL 4 ORANG   KABID HUMAS POLDA METRO: DITEGUR OLEH PEGAWAI KPK, MUMTAZ RAIS TERNYATA MALAH MELAWAN   SELAIN PRAMUGARI, KABID HUMAS POLDA METRO SEBUT MUMTAZ RAIS JUGA DITEGUR WAKIL KETUA KPK NAWAWI POMOLANGO   POLDA METRO JAYA SEBUT KETUA DPP PAN MUMTAZ RAIS DITEGUR PRAMUGARI 3 KALI ATAS DUGAAN PENGGUNAAN PONSEL DI PESAWAT   INFO TERKINI, RSD WISMA ATLET RAWAT 1.303 PASIEN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MINTA KRISIS MENJADI MOMENTUM UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN