Kompas TV nasional sapa indonesia

Penyu Langka Ditemukan Mati di Pantai Imorenggo, Warga Diajak Awasi Aksi Perburuan

Kompas.tv - 20 Agustus 2019, 17:20 WIB

Seekor penyu jenis belimbing ditemukan mati di Kawasan Pantai Imorenggo, Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh warga dan petugas SAR setempat bangkai penyu langka ini sempat dikuburkan. Namun kembali dibongkar untuk keperluan penyelidikan BKSDA Provinsi DIY. Dengan panjang 2 meter dan lebar 1 meter penyu itu diperkirakan berbobot 200 kilogram. Petugas BKSDA masih menyelidiki penyebab kematian penyu yang populasinya terus merosot ini. Namun ditemukan sejumlah luka akibat benda tajam di tubuh penyu.

Atas temuan ini Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mengimbau warga terutama nelayan di sepanjang pesisir pantai selatan untuk turut menjaga dan mengawasi keberadaan penyu belimbing dari upaya perburuan. Nelayan dan warga juga diajak untuk menjaga kondisi lingkungan agar tidak merusak ekosistem perairan.

Merujuk data International Union for Conservation of Nature and Natural Resources, penyu belimbing masuk dalam daftar merah sebagai satwa yang terancam punah. Penyu belimbing biasanya diburu untuk dikonsumsi baik telur maupun dagingnya. Sementara bagian cangkangnya kerap diawetkan dan digunakan sebagai hiasan.

#PenyuBelimbing #PantaiImorenggo #Perburuan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x