HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / klik360 / cerita indonesia

Kronologi Kerusuhan Manokwari Papua Barat: Reaksi Atas Insiden di Surabaya

Senin, 19 Agustus 2019 | 12:12 WIB

Kerusuhan terjadi di Kota Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/19) pagi. Kerusuhan merupakan buntut dari aksi warga. Dalam aksinya, warga memblokade jalan dengan ranting pohon serta membakar ban bekas.

Beberapa ruas jalan yang diblokade di antaranya Jalan Yos Sudarso, Jalan Trikora Wosi, dan Jalan Manunggal Amban. Akibat aksi massa, aktivitas warga terganggu, bahkan sejumlah toko dan bank tutup.

Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani menyatakan aksi rusuh membuat semua aktivitas ekonomi dan sosial di manokwari lumpuh.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan aksi diduga merupakan reaksi atas insiden dan penangkapan mahasiswa Papua di Surabaya pada 17 Agustus lalu.

“Jadi kejadian pagi hari ini merupakan suatu spontanitas yang dilakukan oleh masyarakat, kemudian ada beberapa teman-teman mahasiswa. Namun demikian, Kapolda bersama seluruh jajaran termasuk Kapolres sudah berkomunikasi dengan para tokoh kemudian koordinator lapangan untuk teman-teman mahasiswa dan masalah tempat yang akan menyampaikan aspirasinya terkait menyangkut masalah betul ada peristiwa atau insiden yang ada di Surabaya.” Ujar Brigjen Dedi Prasetyo.

Untuk memulihkan ketertiban, Polda Papua Barat dibantu TNI melakukan penjagaan di beberapa titik.

#RusuhManokwari #Papua #KerusuhanPapua

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
05:23
KLASEMEN SEMENTARA SEA GAMES 2019: INDONESIA PERINGKAT KEDUA DENGAN 51 MEDALI EMAS, 50 PERAK, DAN 58 PERUNGGU   I GEDE SIMAN SUDARTAWA RAIH MEDALI EMAS SEA GAMES 2019 UNTUK INDONESIA DARI RENANG GAYA PUNGGUNG 50 METER   VIETNAM AKAN MENJADI LAWAN TIMNAS U23 INDONESIA DI FINAL SEPAK BOLA SEA GAMES 2019   GANDA PUTRI INDONESIA GREYSIA/APRIYANI & GANDA PUTRA INDONESIA WAHYU/ADE MAJU KE SEMIFINAL BADMINTON SEA GAMES 2019   BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) JAWA TIMUR MENELITI ARCA "GANESHA" YANG DITEMUKAN DI MAGETAN   BPBD BANDUNG: 179 JIWA TERDAMPAK BANJIR BANDANG DI KECAMATAN KERTASARI   TEKAN ANGKA KEMISKINAN, PEMERINTAH DAERAH TIMOR TENGAH UTARA (TTU), NTT, BANGUN 38.000 RUMAH   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO WACANAKAN CABUT IZIN SEKOLAH YANG MENGGAJI GURU DI BAWAH UMK   PEMPROV SULUT SIAPKAN PARIWISATA LIKUPANG, MINAHASA UTARA, SEBAGAI LOKASI PENYELENGGARAAN KTT G20 TAHUN 2023   PT PELINDO III SEDIAKAN ANGKUTAN BUS GRATIS UNTUK LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU DI SEJUMLAH PELABUHAN WILAYAH KERJANYA   BPBD LEBAK: LEBIH DARI 5.000 KELUARGA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR DI KECAMATAN CIBEBER DAN BAYAH   BPBD LEBAK BELUM BISA PASTIKAN JUMLAH KERUGIAN AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR DI KECAMATAN CIBEBER DAN BAYAH   KOMISI A DPRD DKI SOROTI USULAN ANGGARAN SISTEM INFORMASI POTENSI BENCANA SENILAI RP 8 MILIAR   BPBD DKI JAKARTA USULKAN ANGGARAN SIMULATOR BENCANA BERTEKNOLOGI CANGGIH SENILAI RP 12 MILIAR