Kompas TV nasional berita kompas tv

Rupa-Rupa Senjata Andalan Demonstran Hong Kong, dari Payung Hingga Pena Laser

Kompas.tv - 19 Agustus 2019, 10:40 WIB

Gelombang unjuk rasa di Hong Kong yang berlangsung sejak Juni lalu tidak menunjukkan tanda-tanda akan reda. Para demonstran justru semakin mengembangkan taktik dan strategi untuk melawan aparat keamanan. Sederet senjata tak lazim akhir-akhir ini kerap digunakan para pengunjuk rasa saat melakukan aksinya. Berikut kami rangkum senjata apa saja yang dipakai para demonstran untuk membendung perlawanan polisi.

Senjata pertama adalah payung. Siapa sangka payung yang biasanya digunakan untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari atau air hujan belakangan berubah fungsi menjadi tameng untuk menangkis tembakan gas air mata. Tak hanya itu payung juga berfungsi untuk menghindari sistem pengenalan wajah yang dimiliki Tiongkok.

Selain paying, pena laser juga menjadi senjata andalan para demonstran akhir-akhir ini. Penggunaan pena laser bermula sejak penangkapan seorang mahasiswa oleh polisi pada awal Agustus lalu karena kepemilikan pena laser. Meski polisi telah melarang penggunaan laser karena dianggap berbahaya namun para pengunjuk rasa tetap memakainya saat melakukan aksi protes. Selain untuk membuat mata polisi buta sekejap pena laser juga digunakan untuk menyoroti kamera pemantau agar wajah para demonstran tidak mudah diidentifikasi. Para pengunjuk rasa juga kini memakai perlengkapan yang hampir sama dengan yang dipakai polisi seperti masker dan helm pelindung kepala.

#SenjataDemonstran #HongKong #Demonstrasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.