HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Alunan Dangdut Warnai HUT ke-74 RI di Kopenhagen

Minggu, 18 Agustus 2019 | 16:00 WIB

Inilah detik-detik pengibaran bendera dalam upacara HUT ke-74 RI di KBRI Kopenhagen. Meski disambut hujan cukup deras, masyarakat dan diaspora tetap hadir ikuti upacara dengan khidmat. Sebagian besar dari mereka hadir dengan mengenakan pakaian daerah. Dubes RI untuk Denmark M. Ibnu Said bertindak sebagai pembina upacara.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan hari kemerdekaan RI di Kopenhagen dimeriahkan oleh goyangan musik dangdut. Penyanyi dangdut Kristina sengaja terbang dari Jakarta khusus untuk menghibur masyarakat Indonesia yang tinggal di Denmark pada HUT RI ke-74 ini.

Di hadapan masyarakat Indonesia di halaman KBRI Kopenhagen, deretan lagu dangdut seperti “Sang Pujangga”, “Secawan Madu”, “Goyang Dumang”, “Terlena”, “Duren Sawit”, “Pacar 5 Langkah”, serta “Lagi Syantik” dinyanyikan oleh artis usia 43 tahun ini.

Bahkan Dubes Ibnu Said dan Ibu Ari Sri Lestari juga ikut naik ke atas panggung melantunkan lagu “Jatuh Bangun”.

Kristina juga memenuhi permintaan penonton untuk menyanyikan lagu daerah asal mereka, seperti dari Sumatera Utara, Ambon, dan Manado, sebagai obat rindu akan kampung halaman. Mereka diajak untuk bernyanyi bersama di atas panggung.

Masyarakat yang hadir pun melambaikan bendera merah putih ketika lagu ”Tanah Air” dan ”Indonesia Pusaka” dinyanyikan bersama-sama. Tidak hanya itu, Kristina juga memenuhi permintaan warga Denmark untuk menyanyikan lagu ”To Love Somebody”.

Berbagai perlombaan khas 17an, seperti lomba bakiak, tarik tambang dan balap karung baik oleh anak-anak maupun dewasa. Tidak hanya WNI, warga Denmark yang merupakan friends of Indonesia juga memeriahkan mengikuti perlombaan. Seperti Mads, Mark, dan Rasmus, alumni darmasiswa yang selalu menyempatkan diri untuk hadir pada acara-acara yang diselenggarakan KBRI Kopenhagen.

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
11:18
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   KAPOLDA METRO JAYA TEGASKAN SELAMA PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR, NAIK MOTOR TIDAK BOLEH BERBONCENGAN   PERDANA MENTERI INGGRIS BORIS JOHNSON YANG DIRAWAT AKIBAT TERINFEKSI VIRUS KORONA SUDAH MEMBAIK   SELEBRITAS VANESSA ANGEL DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA KASUS NARKOBA   PGI DUKUNG USULAN MENAG SOAL JENAZAH UMAT KRISTEN YANG MENINGGAL KARENA KORONA DISEMAYAMKAN SEHARI   JUBIR PEMERINTAH UNTUK PENANGANAN KORONA ACHMAD YURIANTO: PEMDA SILAKAN AJUKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR    WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI MEMINTA WARGA GUNAKAN MASKER SAAT DI LUAR RUMAH   JELANG PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR, POLISI GELAR OPERASI KESELAMATAN JAYA UNTUK SOSIALISASI   PEMPROV PAPUA TETAPKAN STATUS TANGGAP DARURAT KORONA HINGGA 6 MEI 2020   KOREA SELATAN DEPORTASI WNI YANG MELANGGAR ISOLASI MANDIRI   AKIBAT LONGSOR, JALAN POROS MAMASA-TORAJA, SULAWESI BARAT, KEMBALI LUMPUH   PRESIDEN KE-6 RI SBY BERHARAP PENYAMPAIAN PANDANGAN DIBERIKAN TANPA HARUS MENGHINA PEMIMPIN