HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Polemik Wacana ASN Bekerja di Rumah

Kamis, 15 Agustus 2019 | 11:40 WIB

Aparatur Sipil Negara bekerja di rumah. Konsep tersebut tengah digodok oleh pemerintah pusat. Pertimbangannya adalah penghargaan bagi ASN berprestasi. Lebih luas lagi kombinasi teknologi dan angkatan kerja milenial beberapa tahun mendatang bisa membuat kerja lebih efisien.

Sistem pemerintahan berbasis elektronik kian dimatangkan. Meski belum ada hitungan pasti pemerintah meyakini sistem bekerja di luar kantor bisa menghemat anggaran. Untuk belanja pemerintah pusat saja belanja pegawai saat ini memakan 26,23% dari total anggaran belanja kementerian dan lembaga. Nominalnya mencapai Rp 224,41 triliun.

Sejumlah negara sudah menerapkan sistem bekerja di rumah dengan kriteria beragam. Australia misalnya pegawai publik berprestasi dapat bekerja di rumah setiap hari rabu. Meski demikian penyusunan cara bekerja moderen ini perlu mempertimbangkan produktivitas ASN dan fungsi kontrol kerja.

Setuju tak setuju bagi masyarakat produktivitas merupakan tolok ukur yang jelas. Pemerintah mengaku tidak akan menjiplak mentah-mentah sistem kerja ASN negara lain. Kesiapan teknologi serta budaya kerja menjadi pertimbangan.

#ASNBekerjadiRumah #PNS #KemenpanRB

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:21
KPU PREDIKSI BIAYA PILKADA 2020 MENINGKAT JIKA DIGELAR DI MASA PANDEMI COVID-19   HINDARI KERUMUNAN MASSA, KPAI SARANKAN PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DILAKUKAN SECARA DARING   KETUA KOMISI X DPR SYAIFUL HUDA TOLAK WACANA PEMBUKAAN SEKOLAH DI ZONA MERAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   WALI KOTA BEKASI IZINKAN WARGA YANG TINGGAL DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT JUMAT DI MASJID MULAI PEKAN DEPAN   PEMKOT JAKARTA BARAT FUNGSIKAN MASJID KH HASYIM ASYARI UNTUK ISOLASI PEMUDIK YANG BALIK KE JAKARTA   YLKI TOLAK RENCANA PEMBUKAAN MAL DI DKI JAKARTA PADA 5 JUNI 2020   PSBB DIPERPANJANG, PEMKOT BOGOR PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DAN ARUS KELUAR MASUK   POLDA SUMATERA BARAT SIAPKAN 6.000 PERSONEL UNTUK DUKUNG KEBIJAKAN KENORMALAN BARU   MENTERI PUPR MINTA BADAN PENGEMBANGAN SDM SIAPKAN MODUL “E-LEARNING” DI ERA KENORMALAN BARU   TIDAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT MALANG SIAPKAN SKEMA KENORMALAN BARU   PEMKOT SOLO PERPANJANG STATUS KEJADIAN LUAR BIASA VIRUS KORONA HINGGA 7 JUNI 2020   GUBERNUR JATENG AKAN BERI MODAL DAN PELATIHAN KERJA UNTUK WARGA YANG TAK KEMBALI KE JAKARTA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO LARANG WARGA YANG TERLANJUR MUDIK UNTUK KEMBALI KE JAKARTA   GUGUS TUGAS COVID-19: WARGA YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA HARUS UNDUH APLIKASI BERSATU LAWAN COVID (BLC)