Kompas TV nasional kompas bisnis

Usia Kendaraan Dibatasi, Pengusaha Mobil Bekas Merana

Kompas.tv - 14 Agustus 2019, 10:50 WIB

Polusi kendaraan menjadi tersangka utama buruknya kualitas udara di ibu kota Jakarta. Wacana larangan kendaraan berusia lebih dari 10 tahun digulirkan Gubernur Anies Baswedan. Sayangnya kebijakan ini mengancam putaran roda bisnis mobil seken. Hampir dipastikan pasar mobil bekas di Jakarta banyak yang gulung tikar.

Data penjualan mobil di pasar primer tahun 2018 lalu. Dari total penjualan 1,1 juta kendaraan 40%-nya berasal dari Jakarta dan Jawa Barat. Artinya potensi pasar mobil bekas di Jakarta juga sangat besar.

Tetapi bagi pemain pasar pertama seperti Toyota Astra Motor kebijakan Gubernur Anies Baswedan sangat pro industri otomotif dan lingkungan. Mesin motor berteknologi terbarukan dipastikan mampu menunjang kualitas emisi buang pada kendaraan. Semakin baru kendaraan kualitas emisi buang juga akan semakin baik.

Sebuah kebijakan yang menyangkut publik benar-benar harus dikaji. Alih-alih mengatur yang memantik polemik Jakarta sebenarnya bisa berbenah lewat transportasi publik. Toh kesadaran masyarakat akan polusi juga semakin meningkat.

#PembatasanUsiaKendaraan #MobilBekas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x