HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Tongkol Jagung Disulap Jadi Bahan Plastik Ramah Lingkungan

Selasa, 13 Agustus 2019 | 15:56 WIB

Sekelompok peneliti yang terdiri dari dosen dan mahasiswa fakultas teknik kimia Universitas Jember, Jawa Timur, mampu mengolah limbah tongkol jagung menjadi bahan plastik beodegradule atau bahan organik. Limbah tongkol jagung diolah sedemikian rupa dengan pengolahan dan proses dengan cairan tertentu dijadikan bahan plastik beodegradule berupa lembaran-lembaran kecil.

Untuk menjadikan pemahaman langsung kepada warga, kelompok ini langsung mengajarkan kepada puluhan ibu rumah tangga di Desa Dawuhan Mangli, Kecamatan Sukowono, Jember. Proses pembuatan bahan plastik ini pun menggunakan peralatan sederhana dan sudah dikenal kalangan ibu rumah tangga.

Untuk bahan yang dibutuhkan adalah sejumlah tongkol jagung yang sebelumnya dihaluskan terlebih dulu. Hasil tongkol jagung yang telah dihaluskan tersebut dicampur dengan air dan bahan biopolimer lainnya dalam cawan yang dipanaskan hingga suhu tertentu. Hasil dari adonan tongkol jagung tersebut kemudian dikeringkan secara manual atau pun dimasukkan dalam oven pemanas.

Bahan plastik beodegradule yang dibuat ini merupakan bahan ramah lingkungan dan tidak mengandung zat-zat kimia yang membahayakan. Pelatihan ini pembuatan bahan plastik beodegradule mendapat sambutan positif dari kalangan ibu rumah tangga. Hal ini karena selain dapat mengisi waktu luang di rumah, juga nantinya dapat membantu perekonomian keluarga.

Meski saat ini masih belum diproduksi secara massal dan masih memerlukan proses penelitian lanjutan, namun bahan plastik beodegradule dari tongkol jagung merupakan terobosan energi terbarukan bahan plastik yang ramah lingkungan.

#TongkolJagung #PlastikdariTongkol #BahanPlastik

Editor : Desy Hartini



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
01:06
KOMNAS ANAK PANGGIL ULANG PEMPROV DKI UNTUK MINTA KONFIRMASI TERKAIT PELAKSANAAN PPDB TAHUN AJARAN 2020/2021   TRANSJAKARTA UJI COBA BUS LISTRIK RUTE BALAI KOTA-BLOK M SELAMA 3 BULAN MULAI SENIN, 6 JULI 2020   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN GUBERNUR JATIM TERUS BERKOORDINASI DENGAN DAERAH ATASI COVID-19   KEMENTERIAN PERTANIAN DORONG PENGGUNAAN VARIETAS JAGUNG PRODUKSI TINGGI DI KAWASAN SENTRA JAGUNG   KEMENTERIAN PERTANIAN TARGETKAN PENANAMAN JAGUNG TAHUN 2020 SELUAS 4,49 JUTA HEKTAR   WALI KOTA SEMARANG PERPANJANG PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT TANPA BATAS WAKTU YANG DITENTUKAN   GUGUS TUGAS COVID-19 SIAPKAN HOTEL GRAND SURABAYA SEBAGAI TEMPAT ISTIRAHAT TENAGA KESEHATAN   RELAWAN PALANG MERAH INDONESIA BANTU IMIGRAN ROHINGYA DI PENGUNGSIAN GEDUNG BEKAS KANTOR IMIGRASI LHOKSEUMAWE   MEMUTUS PENULARAN COVID-19, GUGUS TUGAS JAWA BARAT MAKSIMALKAN “CONTACT TRACING”    MASYARAKAT TRANSPORTASI INDONESIA MINTA PEMDA PERBANYAK PARKIRAN SEPEDA BERKUALITAS    MASYARAKAT TRANSPORTASI INDONESIA REKOMENDASI TIGA KONSEP JALUR SEPEDA DI JAKARTA   DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA JATIM: PENYELESAIAN TOL KRIAN-LEGUNDI-BUNDER-MANYAR (KLBM) MUNDUR SEPTEMBER 2020   KEMENTERIAN PUPR DUKUNG PEMPROV JAWA TENGAH BANGUN TIGA PROYEK SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM   KEMENTERIAN PUPR BERHARAP TOL DEPOK-ANTASARI DAPAT KURANGI BEBAN ARUS LALU LINTAS DI TOL JAGORAWI