Kompas TV video cerita indonesia

Tongkol Jagung Disulap Jadi Bahan Plastik Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 13 Agustus 2019, 15:56 WIB
Penulis : Desy Hartini

Sekelompok peneliti yang terdiri dari dosen dan mahasiswa fakultas teknik kimia Universitas Jember, Jawa Timur, mampu mengolah limbah tongkol jagung menjadi bahan plastik beodegradule atau bahan organik. Limbah tongkol jagung diolah sedemikian rupa dengan pengolahan dan proses dengan cairan tertentu dijadikan bahan plastik beodegradule berupa lembaran-lembaran kecil.

Untuk menjadikan pemahaman langsung kepada warga, kelompok ini langsung mengajarkan kepada puluhan ibu rumah tangga di Desa Dawuhan Mangli, Kecamatan Sukowono, Jember. Proses pembuatan bahan plastik ini pun menggunakan peralatan sederhana dan sudah dikenal kalangan ibu rumah tangga.

Untuk bahan yang dibutuhkan adalah sejumlah tongkol jagung yang sebelumnya dihaluskan terlebih dulu. Hasil tongkol jagung yang telah dihaluskan tersebut dicampur dengan air dan bahan biopolimer lainnya dalam cawan yang dipanaskan hingga suhu tertentu. Hasil dari adonan tongkol jagung tersebut kemudian dikeringkan secara manual atau pun dimasukkan dalam oven pemanas.

Bahan plastik beodegradule yang dibuat ini merupakan bahan ramah lingkungan dan tidak mengandung zat-zat kimia yang membahayakan. Pelatihan ini pembuatan bahan plastik beodegradule mendapat sambutan positif dari kalangan ibu rumah tangga. Hal ini karena selain dapat mengisi waktu luang di rumah, juga nantinya dapat membantu perekonomian keluarga.

Meski saat ini masih belum diproduksi secara massal dan masih memerlukan proses penelitian lanjutan, namun bahan plastik beodegradule dari tongkol jagung merupakan terobosan energi terbarukan bahan plastik yang ramah lingkungan.

#TongkolJagung #PlastikdariTongkol #BahanPlastik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x