Kompas TV video cerita indonesia

Penghormatan Terakhir bagi Pendiri Kompas Gramedia, Polycarpus Swantoro

Kompas.tv - 13 Agustus 2019, 12:23 WIB
Penulis : Desy Hartini

Jenazah almarhum Polycarpus Swantoro tiba di kantor Kompas Gramedia Jakarta, Selasa (13/8/19). Jenazah Pak Swan, sapaan akrab beliau, dibawa ke kantor KG untuk disemayamkan.

Karyawan KG hadir untuk memberikan penghormatan terakhir. Sebagian besar karyawan KG pun mengenakan pakaian batik. Hal itu untuk menghormati sosok Pak Swan yang sehari-hari senang memakai batik. Usai disemayamkan, jenazah akan dimakamkan di San Diego Hills, Karawang.

Sebelumnya, wartawan senior Pak Swan hembuskan napas terakhir pada usia 87 tahun, Minggu (11/8/19). Pak Swan berpulang saat terlelap di samping istrinya di kediaman mereka.

Swantoro adalah seorang wartawan senior dengan latar belakang pendidikan ilmu sejarah. Dia juga sahabat dekat Jakob Oetama. Semasa hidupnya, Swantoro pernah menjadi Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas dan Wakil Presiden Direktur Kelompok Kompas Gramedia.

Menurut Jakob, sebelum terlibat dalam kelompok Kompas Gramedia, Swantoro pernah menggantikannya memimpin majalah Penabur pada awal tahun 1960-an. Ketika itu, Jakob harus belajar ke Amerika Serikat.

"Jadi, Pak Swantoro terlibat sejak awal," kata pendiri kelompok Kompas Gramedia itu seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com, 26 Januari 2012.

Selamat jalan, Pak Swan. Selamat beristirahat dalam damai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.