Kompas TV nasional berita kompas tv

Liputan Haji 2019 - Setelah Wukuf di Padang Arafah, Jemaah Haji Mulai Lakukan Lontar Jumrah

Minggu, 11 Agustus 2019 | 13:10 WIB

Inti dari Ibadah Haji Wukuf di Arafah telah dijalani. Saat Wukuf jemaah haji merenung dan memanjatkan ayat-ayat suci serta mendengarkan khotbah. Wukuf di Padang Arafah untuk jemaah haji Indonesia diisi dengan khutbah oleh Kiai Haji Bunyamin Ruhyat yang membahas soal haji mabrur. Dalam ceramahnya Kiai Bunyamin Ruhyat mengatakan bila ingin mendapat haji mabrur dengan balasan surga maka wujudkanlah kepedulian sosial dan tebarkanlah kedamaian di tengah masyarakat.

Bagi jemaah haji Indonesia dengan kondisi sakit panitia penyelenggara ibadah haji atau PPIH menggelar safari wukuf. 65 jemaah diangkut dengan bus yang telah didesain khusus agar memudahkan jemaah dapat berbaring. Konsultan ibadah membantu agar jemaah yang sakit bisa menjalankan segala rangkaian ibadah. Setelah Wukuf di Padang Arafah. Jemaah haji bergerak menuju Muzdalifah. Pergeseran jemaah sepanjang 7 kilometer ini dilakukan dengan menggunakan bus.

Mina menjadi tujuan berikutnya. Jutaan umat Muslim dari seluruh dunia disini akan melontar jumrah. Ritual yang juga wajib dilakukan setelah wukuf di arafah. Ada 3 tugu yang dilontar dengan kerikil masing-masing 7 kali selama 3 hari bertutut turut. Maknanya meneladani Nabi Ibrahim melempari setan saat digoda. Artinya menjauhkan godaan setan dari dalam diri.

#NaikHaji2019 #LemparJumroh #Mina

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:48
SEKDA PEMPROV BALI INGATKAN KEGIATAN ADAT DILAKSANAKAN DENGAN JUMLAH TERBATAS   BAWASLU JABAR SEBUT POTENSI KETERLIBATAN ASN BERPOLITIK PRAKTIS CUKUP TINGGI PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT PEMERINTAH TERUS CARI CARA CEGAH KEMATIAN DOKTER AKIBAT COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 HARGA MATI   TEKAN JUMLAH KEMATIAN AKIBAT COVID-19, DINKES NUSA TENGGARA BARAT "SCREENING" LANSIA   KASUS COVID-19 BERTAMBAH, PEMKAB BENER MERIAH TUTUP 17 SEKOLAH   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO: TNI AKAN KERAHKAN SELURUH ANGKATAN UNTUK ATASI PANDEMI COVID-19   SATPOL PP BOGOR SEGEL 10 VILA KARENA NEKAT SEWAKAN "HOME STAY" DI MASA PSBB PRA-ADAPTASI KEBIASAAN BARU   12 TENAGA MEDIS POSITIF COVID-19, RSUD JAMBI TUTUP SEMENTARA LAYANAN ICU HINGGA RADIOLOGI SELAMA 3 HARI   KEMENPERIN RUMUSKAN SNI MASKER KAIN UNTUK LINDUNGI KONSUMEN SECARA OPTIMAL DARI COVID-19   MENKO PMK MINTA PARA DOKTER YANG TANGANI PASIEN COVID-19 UTAMAKAN KESELAMATAN PRIBADI   BPOM TEMUKAN 50.000 TAUTAN IKLAN PENJUAL PRODUK MAKANAN DAN OBAT ILEGAL SELAMA PANDEMI KORONA   KPU KABUPATEN BANDUNG DORONG KAMPANYE SECARA DARING   BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU: JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DIBUKA 1 OKTOBER 2020