Kompas TV video cerita indonesia

Disopiri Mahathir, Jokowi Test Drive Proton Persona

Kompas.tv - 9 Agustus 2019, 21:56 WIB
Penulis : Dian Septina

PM Mahathir Mohamad ajak Presiden Jokowi berkeliling naik mobil proton. Jokowi sedang melakukan kunjungan kenegaraan 2 hari ke Malaysia. Mahathir membawa Jokowi naik proton persona ke kediaman resminya di seri perdana untuk makan siang. Setelah makan siang, keduanya ke Masjid Putra untuk melakukan shalat Jumat.

Pada 2015, Mahathir juga pernah mengajak Jokowi test drive proton. Kala itu Jokowi menguji proton iriz dengan kecepatan 180 km per jam di sirkuit uji proton di Shah Alam, Selangor. Kedua pemimpin negara ini memang punya ide untuk kolaborasi membuat mobil ASEAN. Apakah ide mobil ASEAN akan segera jadi nyata?

Proton sendiri, yang pernah menjadi kebanggaan industri Malaysia, kini telah dikuasai oleh rakasa otomotif China, Zhejiang Geely Holding Group.

Didirikan pada 1983 di masa pemerintahan Mahathir, Proton mencapai puncak kejayaannya pada 1993. Ketika itu pangsa pasar domestik Proton mencapai 74 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.