HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Ijtima Ulama Rekomendasikan NKRI Bersyariah, Gubernur Lemhanas: Waspadai Istilah Itu!

Kamis, 8 Agustus 2019 | 19:30 WIB

Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhanas telah mendeteksi sejumlah ancaman yang berpotensi merusak ideologi dan kesatuan bangsa.wacana untuk mengganti ideologi Pancasila juga mulai disuarakan. Gubernur Lemhanas, Agus Widjojo juga mengingatkan soal kemunculan istilah NKRI beryariah yang menurutnya tak selaras dengan elemen yang ada pada NKRI.

Istilah NKRI beryariah dimunculkan dalam rekomendasi Ijtima Ulama ke-4 yang berlangsung di Bogor pada 5 Agustus lalu. Dalam rekomendasi yang mereka sampaikan mereka menyebut ingin mewujudkan NKRI bersyariah yang berdasarkan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 dengan prinsip ayat suci di atas ayat konstitusi agar diimplementasikan dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara. Istilah tak hanya disoroti oleh Lemhanas tapi juga oleh kalangan yang menilai istilah Pancasila dan NKRI yang ada saat ini sudah final.

Bagaimana sebenarnya ancaman terhadap ideolog Pancasila dan NKRI. Lalu apa antisipasi yang sudah dilakukan? Benarkah istilah NKRI bersyariah kurang tepat? Kita sudah bersama dengan Gubernur Lemhanas, Agus Widjojo.

#NKRIBersyariah #ItjimaUlama #Lemhanas

Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:59
LIVERPOOL BERENCANA REKRUT PEMAIN BAYER LEVERKUSEN, KAI HAVERTZ, PADA MUSIM PANAS MENDATANG   REAL MADRID DAN BARCELONA INCAR TANDA TANGAN PEMAIN INTER MILAN, LAUTARO MARTINEZ   PEMERINTAH KOTA BEKASI BUTUHKAN 500 UNIT POMPA UNTUK ANTISIPASI BANJIR DI 12 KECAMATAN   MENKEU SRI MULYANI SEBUT DARI 2.853 DESA DI SUMSEL BARU 25 DESA YANG SUDAH TERIMA PENYALURAN DANA DESA TAHAP I 2020   PENYEBARAN VIRUS KORONA DI KOREA SELATAN, KBRI SEOUL PASTIKAN SELURUH WNI SEHAT DAN AMAN   DINAS BINA MARGA: AKIBAT BANJIR, 495 JALAN DI JAKARTA RUSAK DAN 3.290 TITIK BERLUBANG   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN KELUARKAN INSTRUKSI GUBERNUR TENTANG WASPADA RISIKO PENULARAN VIRUS KORONA   KOMISI VIII DPR MINTA PENANGANAN ABRASI DI PANTAI PADANG, SUMBAR, DIPERCEPAT   CEGAH BANJIR, DINAS SUMBER DAYA AIR BEKASI AKAN TAMBAH MESIN POMPA AIR DI “UNDERPASS” TOL JORR KALIMALANG   ANGGOTA BRIMOB GUGUR TERTEMBAK KKB, APARAT PANTAU PERGERAKAN KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA EGIANUS KOGOYA   KAPOLDA PAPUA: BRIMOB YANG TERTEMBAK KKB AKAN MENERIMA KENAIKAN PANGKAT LUAR BIASA MENJADI BHARATU   KAPOLDA PAPUA: JENAZAH ANGGOTA BRIMOB YANG TERTEMBAK KKB DI MIMIKA DIPULANGKAN KE JAKARTA   MASUK KAWASAN 10 DESTINASI WISATA PRIORITAS, KEMENHUB KEMBANGKAN BANDARA DI WAKATOBI, SULAWESI TENGGARA   PLN GENJOT PEMBANGUNAN JARINGAN LISTRIK PADA 28 DESA DI WILAYAH KABUPATEN MANGGARAI TIMUR, PULAU FLORES, NTT