HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / nasional / sapa indonesia

Taruna Akmil Dituding Simpatisan HTI, Ini Kata Kapuspen TNI - Dialog Sapa Indonesia Malam

Rabu, 7 Agustus 2019 | 22:00 WIB

Enzo Zenz Allie, seorang pemuda Warga Negara Indonesia keturunan Perancislolos masuk Akademi Militer TNI. Hal ini menjadi viral di media sosial sekaligus saat Panglima TNI berbincang dalam bahasa Perancis yang membuat warganet terkesan. Namun selang beberapa jam, media sosial ramai oleh informasi bahwa Enzo terpapar paham radikal dari sang ibu. Hal ini diperkuat jejak foto digital yang beredar di media sosial.Apakah TNI kecolongan?

Kepala Pusat PeneranganTNI Mayor Jenderal Sisriadi menjelaskan bahwa Enzo harus melalui empat tahapan seleksi untuk menjadi taruna TNI. Mulai dari seleksi administrasi, kesehatan, jasmani, kepribadian melalui psikotes, akademis, terakhir dan yang paling penting adalah mental ideologi. Koramil dan Kodim terlibat sejak awal untuk meneliti orang tua dan keluarganya.Dari semua seleksi di atas, Enzo lulus menjadi calon Taruna Akademi Militer.

Selama proses pendidikan, TNI masih terus melakukan pengawasan mental ideologi yang juga melibatkan aparat intelijen teritorial. Secara akademis, juga dilakukan penyaringan berjenjang yang dilakukan pelatih di Akademi Militer. Bahkan, seorang Taruna yang akan dilantik bisa dikeluarkan bila terbukti terpapar paham terlarang.

Dari keterangan Kapuspen TNI, terlihat bahwa untuk menjadi taruna TNI tidaklah mudah, alias TNI telah melakukan penyaringan dengan sangat ketat. Namun begitu, gaduh soal Enzo tetap baik dijadikan bahan evaluasi internal TNI. Kapuspen TNI tidak secara tegas membantah apakah foto Enzo dengan bendera Tauhid di sosial media itu benar atau tidak? Hanya menjelaskan bahwa proses seleksi berlangsung ketat.

Sebagai warga negara, Enzo juga berhak mendapatkan kesempatan untuk membuktikan apakah dia layak menjadi prajurit TNI.


#EnzoZenzAllie #WNIBlasteran #DugaanSimpatisanHTI

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
08:15
GANDA PUTRA INDONESIA WAHYU NAYAKA ARYA PANGKARYANIRA/ ADE YUSUF SANTOSO MAJU KE PEREMPAT FINAL SEA GAMES 2019   DINAS KEHUTANAN SUMSEL IMBAU WARGA UNTUK TIDAK MELAKUKAN AKTIVITAS PERKEBUNAN DI DALAM HABITAT HARIMAU    JEJAK HARIMAU SUMATERA DITEMUKAN DI DEKAT PERMUKIMAN WARGA DESA KUALU NENAS, KABUPATEN KAMPAR, RIAU   OMBUDSMAN SUMUT: PEMKAB SIMALUNGUN RAIH PREDIKAT PELAYANAN PUBLIK TERBURUK 2019   ASOSIASI TRAVEL AGENT INDONESIA: PEMECATAN ARI ASKHARA SEBAGAI DIRUT GARUDA INDONESIA ADALAH TINDAKAN TEPAT   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO: PROYEK PEMBANGUNAN "FLYOVER" SIMPANG GAPLEK PAMULANG SUDAH 20%   PT MRT JAKARTA SIAP JIKA DITUGASKAN MENGERJAKAN PROYEK PERPANJANGAN RUTE HINGGA TANGERANG SELATAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA SELURUH PEMDA CERMATI NAIKNYA TITIK API UNTUK CEGAH TERJADINYA KARHUTLA   WAMENAG ZAINUT TAHUHID SA'ADI PASTIKAN KEMENAG BERPIHAK KEPADA KORBAN PENIPUAN FIRST TRAVEL   SOAL FIRST TRAVEL, WAMENAG ZAINUT TAUHID SA'ADI AKAN MEMFASILITASI AGAR UANG JEMAAH KEMBALI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMDA ANGGARKAN POS KHUSUS UNTUK PENCEGAHAN KARHUTLA DALAM APBD   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT DIRUT BANK MANDIRI YANG BARU BERASAL DARI KALANGAN INTERNAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TELAH MENGANTONGI NAMA YANG AKAN DITUNJUK SEBAGAI DIRUT BANK MANDIRI    WAPRES MA'RUF AMIN: 10% PANGSA PASAR PRODUK HALAL DI DUNIA ADA DI INDONESIA DENGAN TOTAL 214 MILIAR DOLLAR AS